Sukses

Anak Belum Bisa Berjalan Walau Sudah Umur 1 Tahun, Ortu Harus Apa?

Liputan6.com, Jakarta Ketika anak belum juga bisa berjalan setelah menginjak usia tahun, beberapa orangtua menjadi cemas akan perkembangan anak mereka. Apa yang sebaiknya dilakukan agar tumbuh kembang anak maksimal? Berikut sharing dari Mommy Berkah Dwi Rahayu melalui Babyologist.

Halo Moms, di sini saya akan sharing pengalaman ketika anak saya sudah menginjak usia 1 tahun tapi belum bisa berjalan. Salah satu dari banyak hal yang dikhawatirkan para orang tua terutama bagi new Moms adalah perkembangan si buah hati. Kekhawatiran bila si Kecil nantinya mengalami keterlambatan dalam perkembangannya, termasuk dalam hal berjalan. Melihat anak lain sudah ada yang bisa berjalan bahkan di usia 9 bulan membuat hati semakin resah ya Moms. Nah seharusnya hal ini tidak perlu terjadi ya Moms.

Memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bila si buah hati sudah bisa berjalan sebelum usianya 1 tahun. Apalagi bila mendapat pujian dari orang2 sekitar "Wah hebat ya anaknya sudah bisa berjalan padahal belum 1 tahun," tentu senang ya Moms, mendapat pujian seperti ini.

Sejujurnya hal ini pun saya rasakan sendiri. Saya pun bertekad supaya anak saya HARUS sudah bisa berjalan sebelum ulang tahunnya yang pertama. Semenjak usia 10 bulan, saya menstimulasi ia untuk berjalan. Saya sering mengajaknya berkeliling dengan menitahnya. Di umur 11 bulan dia pun sudah bisa berdiri berpegangan, rambatan dan sangat senang bila diajak titah. Saya pun yakin bila si Kecil akan sudah bisa berjalan sebelum usianya 1 tahun.

Namun mau bagaimana lagi Moms, bila kita sudah menstimulasi dan melatih si Kecil belajar berjalan tapi nyatanya dia belum bisa berjalan sendiri. Sampai tibanya hari ulang tahun anak saya yang pertama, tidak seperti harapan karena dia belum bisa berjalan sendiri. Setelah itu pun saya lebih pasrah dan santai menyikapinya.

Saya mencoba berpikir positif saja mungkin memang belum waktunya. Saya hanya menunggu saja sambil tetap terus mendukung si Kecil. Sampai pada suatu hari saat kami mudik di Cirebon. Seperti biasa anak saya bermain bersama keponakan dari suami. Saya memang tidak menyaksikan sendiri waktu itu karena sedang di dapur. Mereka bilang ke saya kalau Fatian sudah bisa berjalan. Oh ya? Rasanya antara percaya dan tidak percaya akan hal ini. Sampai saya menyaksikan sendiri kalau Fatian bisa berjalan sendiri. Saya sangat bersyukur akhirnya anak saya bisa berjalan di usianya 1 tahun 2 bulan.

Nah, berikut tips bagi Moms yang memiliki anak berusia 1 tahun tapi belum bisa berjalan.

1) Tetap berpikir positif & sabar. Seperti halnya saya, mencoba berpikir positif mungkin saja karena memang belum waktunya berjalan.

2) Tetap mendukung & menstimulasi si Kecil. Hindari kata2 yang menjatuhkan. Seperti "Payah deh kamu belum bisa jalan juga."

3) Jangan jadikan ajang kompetisi antar Moms ya. Terkadang kita hanya ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa anak kita lebih pintar, lebih hebat dan tidak ingin kalah dari anak lain.

4) Setiap anak itu unik & berbeda, tidak bisa disamaratakan perkembangannya. So don't push them too hard, Moms.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Kenalkan Kebiasaan Membaca Buku pada Anak
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan