Sukses

4 Manfaat Tak Terduga dari Tertawa

Selain ikatan sosial tertawa juga baik untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan daya ingat.

Liputan6.com, Jakarta Jakarta Internasional Comedy Festival (JICOMFEST) 2019 sukses digelar kemarin, 3-4 Agustus di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Materi dari para komika membuat ribuan penonton yang datang tertawa lepas di akhir pekan kemarin. 

Berbicara mengenai tertawa, ada banyak manfaat dari aktivitas ini. Menurut penelitian di Finlandia dan Inggris, tertawa dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang bertanggung jawab untuk mendongkrak emosi bahagia. Sehingga, tawa dapat meningkatkan ikatan sosial Anda.

Selain ikatan sosial tertawa juga baik untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan performa otak. Sebuah penelitian dari Loma Linda University, Amerika Serikat menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan kadar imunoglobulin yang dapat mencegah penyakit hingga 14 persen.

Berikut ini merupakan manfaat lain dari tertawa yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir dari laman Women's Health, Selasa (6/8/2019)..

1. Pertajam otak

Beberapa penelitian menujukan tertawa dapat mempertajam pemikiran Anda. Para ilmuwan sangat yakin ada aktivitas ini hubungannya dengan merangsang pusat otak.

Dalam sebuh penelitian 2003 di Stanford, para peneliti menempatkan subyek penelitian dalam mesin MRI dan membiarkan mereka menonton video lucu. Ketika mereka mendapat lelucon dan mereka tertawa, area otak tengah bekerja secara lebih aktif. 

2. Membakar kalori lebih banyak

Ketika tertawa detak jantung meningkat 10 hingga 20 persen, Jika tertawa dilakukan selama 10 hingga 15 menit setiap harinya akan membakar 10 hingga 40 kalori.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tertawa Menghalau Rasa Sakit

Tawa dipercaya dapat menghalau rasa sakit Anda. Dalam sebuah penelitian tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa tertawa secara dapat mengurangi rasa sakit. Kok bisa?

Hal ini terjadi karena ada adanya ledakan endorfin dalam tubuh. Saat seseorang tertawa senyawa di otak mengubah perasaan seseorang menjadi lebih baik dan dapat mengurangi rasa sakit di tubuh Anda.

4. Aliran darah meningkat

Para peneliti dari University Of Maryland dan Stanford University, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa dengan tertawa 22 persen aliran darah meningkat. Selain itu, mereka menemukan adanya peningkatan nitrit oksida, yang melindungi sistem kardiovaskular.

 

Penulis : Eflien Anggelien

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.