Sukses

Viral di Twitter, Lagu Baby Shark Jadi Tempo yang Tepat Lakukan CPR

Lagu "Baby Shark" memiliki 110 ketukan per menit adalah ritme yang tepat untuk melakukan CPR.

Liputan6.com, Jakarta - Akun twitter @zakyfarism sempat membagikan kicauan tentang kejadian ketika dia sedang jaga di Instalasi Gawat Darurat (IGD) pada Sabtu, 20 Juli 2019.

Dia mendapati seorang pasien yang terkena serangan jantung. Akhirnya dia pun membagikan informasi penting mengenai cara menanggani pasien serangan jantung atau cardiac arrest.

Namun, yang menarik dari kicauan itu adalah Zaky membagikan sebuah video dari Pinkfong yang terkenal dengan lagu hitsnya, "Baby Shark".

Dalam video yang dibagikan, terlihat Baby Shark yang memandu Hogi dan Pinkfong cara melakukan pijatan jantung (CPR). Namun, apa hubungannya?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atasi Serangan Jantung

 

Dilansir dari Mirror ditulis Minggu (26/7/2019) dokter spesialis kesehatan anak,  Ranj Singh, menjelaskan bahwa lagu "Baby Shark" memiliki 110 ketukan per menit yang merupakan ritme tepat untuk melakukan CPR.

Namun, Ranj mengingatkan tentang bait kedua dari lagu anak ini yang temponya semakin bertambah cepat.

"Satu hal yang harus Anda ingat adalah dia (lagu "Baby Shark"dipercepat dalam bait kedua, jadi hanya gunakan ayat yang pertama," kata para profesional medis.

Metode CPR menggunakan lagu "Baby Shark" sudah banyak ditayangkan di Youtube sebagai video edukasi untuk mengajarkan CPR dengan cara yang benar.

Bahkan banyak media asing yang telah membuat artikel tentang anak yang diajarkan untuk melakukan CPR dengan lagu lucu ini.

 

3 dari 3 halaman

Pertolongan Serangan Jantung

Namun, tidak sedikit juga yang menjadikannya bahan bercandaan.

Contohnya akun twitter @Tghhdytllh mengatakan "Gue coba pijat jantung sambil nyanyi baby shark, eh gua malah ditampol, dikira main main", tuturnya.

Di media asing pun juga ada pihak yang menjadi sarkas dengan berita ini,"Tolong, pria ini mengalami serangan jantung'. Minggir dan jangan takut, saya hafal dengan lirik lagu baby shark," candanya.

Memang terdengar lucu, tetapi dengan ini kita setidaknya bisa menyelamatkan satu nyawa bukan?

Penulis: Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.