Sukses

5 Cara Hilangkan Memar Lebih Cepat

Liputan6.com, Jakarta Terkadang tanda disadari muncul memar di bagian tubuh. Memar memang bisa jadi tanda penyakit tertentu, namun seringkali juga memar di kulit bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Profesor medis klinis Dr Steven Lamm dari NYU Langone Medical Center mengatakan, beberapa orang memang lebih mudah memar dibandingkan orang lainnya, mengutip Men'sHealth. Memar tersebut biasanya muncul karena olahraga, berkulit pucat, terbakar sinar matahari, hingga turun berat badan.

Rata-rata memar akan hilang atau sembuh dalam 10 hingga 14 hari. Cukup lama ya? Jangan dulu khawatir, ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan memar seperti dikutip dari laman Glamour berikut ini.

1. Istirahat

Bila Anda terluka atau terjatuh, turunkanlah kaki Anda. Ini akan mengurangi aliran darah pada memar sehingga tak membuatnya tampak lebih buruk.

Memar atau lebam terjadi karena darah terjebak akibat pembuluh-pembuluh kapiler rusak dan berkumpul di bawah kulit. Semakin sedikit aliran darah, artinya semakin ringan pula memar yang muncul.

 

 

2 dari 3 halaman

Kompres es

2. Kompres dengan es

Memar menandakan adanya luka. Jadi untuk meredakan memar, Anda harus menyembuhkan lukanya lebih dulu.

Untuk meredakan pembengkakan dan mempercepat penyembuhan, kompres memar dengan es dalam jangka waku 24 hingga 48 jam.

Cara terbaik untuk mengompresnya yakni dengan membungkus es dengan handuk dan letakkan di area yang memar selama 10 menit. Angkat es setelah 10 menit dan beri jeda sebelum mengompresnya kembali.

Bila Anda merasakan sensasi gatal setelah dikrompres, sebaiknya beri jeda 20 menit agar kulit kembali beradaptasi dari dingin.

3. Minum Ibuprofen

Ibuprofen tak hanya meredakan sakit, melainkan juga mengurangi pembengkakn serta memar.

3 dari 3 halaman

Minum zat besi

4. Minum zat besi

Jika Anda memiliki kondisi anemia atau defisiensi besi, Anda pun berisiko lebih besar untuk mudah memar. Jadi sebaiknya konsumsi makanan yang kaya zat besi seperti daging merah, kacang-kacangan, serta sayuran hijau.

5. Kompres panas

Kompres panas juga bisa meredakan bengkak dan membantu peredaran darah lebih lancar setelah cedera. Sirkulasi darah adalah kuncinya. Tunggu hingga 24 jam usai cedera seblum mengompresnya dengan kompres panas berulang-ulang.

 

Loading