Sukses

Rambut Rontok Berlebihan? Mungkin Anda Kekurangan Zat Besi

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok dalam jumlah yang banyak bisa menjadi hal yang sangat mengganggu. Sebuah penelitian mengatakan bahwa diet vegetarian bisa memperparah hal tersebut.

Sebuah review pada 2006 menemukan kaitan antara kekurangan zat besi dan rambut rontok. Penelitian ini tidak mengatakan bahwa kekurangan zat besi merupakan penyebab pasti kerontokan rambut. Namun, ada perbedaan antara vegan dan orang yang tidak mengonsumsi daging yang harus diperhatikan.

"Penyebab pasti zat besi mempengaruhi rambut pun tidak diketahui secara pasti," kata ahli diet yang juga Direktur Senior Komunikasi Nutrisi, International Food Information Council, Kriss Solid seperti dikutip dari Reader's Digest, Jumat (28/6/2019).

Meski begitu, ada alasan zat besi memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan rambut seseorang. Dapat dikatakan zat besi sebenarnya membantu pertumbuhan atau perbaikan rambut.

"Bila Anda kekurangan zat besi maka sel darah merah akan kesulitan membentuk hemoglobin. Anda pun juga tidak akan memiliki oksigen yang cukup untuk menumbuhkan dan memperbaiki rambut," kata Direktur Pusat Nutrisi dan Pengelolaan Berat Badan, Pusat Medis Boston, Caroline Apovian.

 

2 dari 3 halaman

Cara Vegan Penuhi Kebutuhan Zat Besi

Vegan sendiri biasanya memiliki tingkat zat besi rendah sehingga mereka harus mengonsumsi makanan tinggi zat besi untuk mencapai batasan yang dianjurkan setiap harinya.

Selain itu, terdapat dua tipe zat besi yaitu zat besi heme yang ada pada hewan dan non heme yang ada pada tumbuhan dan hewan. Menurunt Sollid, zat besi heme lebih mudah diserap tubuh dibandingkan zat besi non heme.

Apovian menyarankan konsumsi brokoli, kacang-kacangan, oatmeal dan quinoa untuk vegan. Bicarakanlah dengan dokter bila Anda ingin mengonsumsi suplemen zat besi karena kelebihan zat besi juga sama buruknya.

Menurut American Academy of Dermatology, kerontokan rambut sendiri juga masih memiliki faktor penyebab lain seperti stres, usia, gen, obat-obatan, perubahan hormon dan masalah kesehatan lainnya. Penataan rambut yang salah pun juga bisa menjadi faktor pemicu rambut rontok.

Sollid merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan tinggi zat besi dengan vitamin C untuk membantu proses penyerapan nutrisi tubuh. Konsumsi makanan dengan kandungan vitamin B dan E seperti alpukat, bayam dan minyak olive juga dapat membantu.

 

Penulis: Khairuni Cesario

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Atasi Rambut Rontok dengan Sampo Berbahan Aloe Vera
Artikel Selanjutnya
Ketombe Bisa Picu Kebotakan Dini, Bagaimana Solusinya?