Sukses

Makanan dan Minuman yang Pas Dikonsumsi Saat Udara Dingin

Beberapa daerah di Pulau Jawa cenderung lebih dingin di malam hari, berikut makanan yang pas untuk menghangatkan malam ini.

Liputan6.com, Jakarta Suhu dingin di malam hingga pagi kini tengah dirasakan masyarakat di beberapa wilayah Pulau Jawa. Biasanya, saat suhu rendah paling nikmat mengonsumsi makanan yang dapat menghangatkan tubuh.

Selain hangat, pastikan juga ada kandungan nutrisi di dalamnya. Kekurangan nutrisi justru dapat berdampak buruk pada tubuh. Konsumsi makanan yang tepat tak hanya memberikan efek menghangatkan pada tubuh tetapi juga menyehatkan.

Mengutip dari Health, berikut makanan dan minuman yang dapat Anda konsumsi saat suhu dingin akhir-akhir ini:

1. Oatmeal

Oatmeal dapat dikonsumsi saat suhu dingin seperti ini. Misalnya menjadikan soto oatemal atau bubur Menado. Gandum di dalam oatmeal memiliki kandungan serat dan protein yang baik untuk tubuh. Satu mangkuk oatmel akan cukup untuk membuat Anda merasa kenyang. Oatmel pun juga memiliki kandungan pati yang disebut beta-glucan.

Sebuah penelitian dalam Nutrition Reviews menemukan bahwa 3 gram beta-glucan per hari dapat menurunkan kolesterol jahat sebanyak 5 hingga 10 persen.

Jika mau mudah bisa juga dengan menambahkan air panas ke oatmeal. Lalu, tambah nutrisi ekstra lewat pemilihan topping yang tepat.

"Untuk mendapatkan lemak baik, saya menambahkan almond butter dan chia seeds," kata Ahli Diet, New York City, Keri Gans.

 

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sup Kol

 Sup kol dapat memberikan efek hangat pada tubuh saat dikonsumsi. Tak hanya itu, kol memiliki serat dan nutrisi yang dapat melawan kanker. Kol juga kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan ini terbukti dapat menurunkan gejala pilek.

3. Minuman cokelat panas

"Saat membuatnya, saya suka untuk memasukan dua kotak cokelat hitam lalu mencampurkannya ke dalam susu biasa atau susu almond," kata ahli diet, Cynthia Sass.

Cokelat hitam mengandung flavonoid yakni antioksidan yang dapat menurunkan penyakit yang disebabkan radikal bebas. Sebuah studi dalam Journal of Immunlogy Research menemukan bahwa sel darah merah lebih kuat terhadap radikal bebas setelah konsumsi minuman dengan kandungan flavonoid.

4. Makanan pedas

Memasukkan cabai bisa jadi pilihan Anda untuk dikonsumsi saat cuaca dingin. Cabai memiliki kandungan capsaicin yang menyebabkan rasa pedas. Kandungan tersebut dapat meningkatkan metabolisme dan melawan pembentukan lemak. Menurut sebuah studi yang dilakukan peneliti Korea pada hewan, capsaicin dapat menurunkan berat badan sebanyak 8 persen saat dipasangkan dengan diet tinggi lemak.

 

3 dari 3 halaman

5. Teh Jahe

"Jahe memiliki kandungan pembakar lemak yang dapat menghangatkan tubuh," kata Ahli Diet, Pusat Kesehatan Montefiore, New York, Melissa Rifkin.

Selain dapat menghangatkan, jahe juga dapat meningkatkan metabolisme serta melancarkan peredaran darah. Sebuah studi dalam Metabolism meneliti sekelompok laki-laki yang mengonsumsi 2 gram bubuk jahe dalam bentuk minuman panas saat sarapan. Hasilnya ditemukan bahwa jahe tersebut memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.