Sukses

YogaDay2019 Jadi Trending Worldwide di Twitter

Liputan6.com, Jakarta Tagar #YogaDay2019 jadi trending di twitter. Dilansir dari Indiatoday.in, Perdana Menteri India Narendra Modi ikut berpartisipasi dalam merayakan hari Yoga sedunia yang jatuh pada 21 Juni 2019.

Dilansir dari Indiatoday.in, Perdana Menteri Narendra memimpin 30.000 orang untuk melakukan gerakan Asana dalam rangka merayakan hari yoga di Ranchi. Aktor Student Of the Year Sidhart Malhotra juga turut ikut merayakan hari yoga sedunia dengan tweet lucunya. Tweet ini memiliki 53.000 suka sejak dibagiakan pagi ini. "Kalian harus mencoba #SidAasan", katan Sidhart.

Selain Sidhart, banyak orang lain yang memposting tweet lucu terkait yoga seperti yang dilakukan oleh prajurit India yang memposting video anjing tentara yang sedang belajar yoga.

Banyak netizen yang juga memposting gerakan yoga mereka seperti gerakan "Shav Aasan", gerakan yoga dengan pose berbaring. "Caraku merayakan Hari Yoga dengan melakukan shav aasan sepanjang hari", tweet @chitkarapuneet.

Bagaimana cara kamu merayakan hari yoga sedunia?

2 dari 2 halaman

Manfaat Yoga

Studi terbaru mengungkapkan, yoga akan meningkatkan ego seseorang. Bukan membuat jiwa merasa tenang seperti yang diyakini selama ini. 

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science, peneliti melakukan analisis terhadap asumsi tentang efek yoga dan meditasi.

Mereka membandingkannya dengan prinsip-prinsip pemusatan diri yang mengatakan, aktivitas apa pun yang terkait dengan pemusatan diri akan menghasilkan penguatan diri.

Para peneliti di University of Manheim melakukan dua eksperimen. Pertama, mereka memantau 93 orang yang mengikuti kelas yoga selama 15 minggu. Selama itu, para peneliti mencatat tingkat penguatan diri orang-orang tersebut sebelum dan sesudah melakukan yoga.

Hasilnya, para peneliti menemukan, orang-orang tersebut memperlihatkan tingkat penguatan diri yang lebih tinggi beberapa jam setelah melakukan yoga, dibandingkan mereka yang tidak melakukannya dalam 24 jam terakhir.

Ekperimen berikutnya melibatkan 162 pelaku meditasi, bagian dari yoga yang diambil dari berbagai grup meditasi di Facebook. Para peneliti kemudian memantau mereka selama empat minggu dan mendapatkan kesimpulan yang sama.

Para pelaku meditasi memperlihatkan tingkat penguatan diri yang lebih tinggi setelah melakukan meditasi, dibandingkan mereka tidak melakukannya dalam 24 jam terakhir. Menariknya, para peneliti juga menemukan adanya peningkatan kesejahteraan hidup dari orang-orang yang melakukan yoga atau meditasi.

Kesejahteraan hidup seseorang ikut meningkat seiring dengan naiknya tingkat penguatan diri seseorang. Penguatan diri terlihat lebih tinggi jika seseorang melakukan yoga atau meditasi.

" Selain itu, penguatan diri yang lebih besar akan memberikan manfaat bagi tingkat kesejahteraan hidup, baik tubuh dan pikiran. Sehingga, fungsi yoga dan meditasi, bukan untuk membuat ego menjadi tenang, tetapi agar mental semakin baik," tulis para peneliti. 

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

Loading
Artikel Selanjutnya
Serunya Aktris Sophie Turner Lakukan Yoga Bersama Kambing