Sukses

Takut Miliki Komitmen, Ini 5 Tandanya

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang merasa sulit untuk memiliki komitmen dalam suatu hubungan. Padahal suatu hubungan yang ingin dilanjutkan ke tahap serius haruslah memiliki komitmen di dalamnya.

Komitmen seringkali menjadi hal yang ditakuti. Beberapa orang bahkan kesulitan untuk menjalani hubungan karena hal ini. Melansir dari Men's Health pada Rabu, 19 Juni 2019, berikut tanda-tanda dari seseorang yang takut untuk memiliki komitmen dalam hubungan:

1. Takut tidak memiliki kendali hidup

Menjalani hubungan biasanya merupakan hal yang menyenangkan. Namun, beberapa orang biasanya mulai memiliki pikiran negatif saat hubungan mulai beranjak ke tahap serius.

"Anda mungkin akan merasa bahwa hubungan Anda seperti memiliki kendali atas diri Anda. Itu merupakan hal umum dan seringkali perempuan dalam sebuah hubungan menginginkan keterikatan lebih dan laki-laki menginginkan sebaliknya," kata terapis psikoseksual dan konsultan pasangan Geoff Lamb. 

2. Tidak ingin kehilangan kebebasan

Hal ini serupa dengan tanda sebelumnya tapi ini merupakan perasaan 'terkurung' dalam sebuah hubungan.

Jika Anda merasa kebebasan Anda terancam maka wajar bila Anda ingin mundur dari hubungan.

"Seringkali kita berpikir bahwa itu mengenai komitmrn terhadap pasangan. Rasanya seperti memberikan jiwa Anda. Lebih tepatnya memberikan kekuatan Anda. Ini merupakan masalah besar bagi laki-laki. Mereka mungkin berpikir bahwa memiliki komitmen berarti pasangan dapat mengontrol diri Anda," kata Lamb.

 

 

2 dari 3 halaman

3. Pasangan Terlalu Menuntut  

Saat Anda dalam sebuah hubungan, ada masalah yang selalu datang. Anda seringkali berpikir bahwa pasangan terlalu menuntut dan menginginkan terlalu banyak hal dari Anda.

Namun, hal tersebut mungkin bukan kesalahan pasangan Anda melainkan ketakutan Anda terhadap komitmen. 

4. Tidak yakin pada diri sendiri

Sebagian orang perlu waktu lama untuk memahami diri sendiri. Jika Anda masih berada dalam tahap ini, Anda mungkin tidak siap untuk menjalani hubungan serius.

"Jika kita tidak yakin pada diri sendiri, kita tidak memiliki alasan dasar untuk memiliki komitmen dalam hubungan," kata Lamb.

 

 

3 dari 3 halaman

5. Berpikir Hal Lain Lebih Baik

Saat menjalani sebuah hubungan, seseorang seringkali melihat orang lain lebih menarik. Hal inipun seringkali dilakukan secara tidak sadar. Bahkan Anda mungkin membandingkan pasangan dengan orang lain.

"Jika saya masih melihat orang lain dan berpikir bahwa ia lebih baik maka sesuatu dalam diri saya mungkin belum cukup dewasa," kata Lamb.

 

Penulis: Khairuni Cesario

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Trik Membuat Pria Tak Takut Komitmen Pernikahan