Sukses

Peduli Kesehatan Warga, Polisi Kalbar Wujudkan Program Tarawih Sehat

Liputan6.com, Pontianak Tidak hanya memberikan rasa aman, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat juga memperhatikan kesehatan warganya di Bumi Khatulistiwa agar tetap bugar sepanjang bulan suci Ramadan 2019.

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Kalimantan Barat, Komisaris Besar Polisi dr Sucipto DFM menyebut, tak ingin kehilangan momentum pada bulan Ramadan 2019 yang penuh berkah ini. Hal itu diwujudkan dalam program Tarawih Sehat.

“Maka, melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) inilah (kami) membuat program Tarawih Sehat sepanjang bulan suci Ramadan ini,” kata Komisaris Besar Polisi dr Sucipto DFM, Minggu (12/5/2019).

Sucipto menjelaskan, Tarawih Sehat ini adalah pelayanan kesehatan berwujud konsultasi medis, pemeriksaan tekanan darah, pemberian vitamin, dan obat bagi warga. Tentunya hal tersebut disesuaikan dengan keluhan pasien dan hasil pemeriksaan dokter.

Biddokkes Polda Kalimantan Barat menyiapkan tim medis khusus untuk melaksanakan program Tarawih Sehat.

“Tim ini terdiri dari 2 dokter umum, 3 perawat, 2 staf perlengkapan dan driver dengan dilengkapi satu ambulans,” ujarnya.

Lebih lanjut Sucipto mengatakan, adapun tujuan program Tarawih Sehat guna mendukung jamaah menunaikan ibadah di bulan suci Ramadan 2019 dengan kondisi kesehatan yang lebih prima.

“Sehingga ibadah puasa, salat tarawih dapat ditunaikan dengan sehat,” ucapnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Dilaksanakan Setiap Jumat dan Sabtu

Program Tarawih Sehat itu dilaksanakan dua hari dalam seminggu, yakni pada Jumat dan Sabtu, mulai dari sebelum waktu berbuka hingga selesai salat tarawih. Mengambil lokasi di sekitaran masjid-masjid di Kota Pontianak, program ini disambut baik oleh warga. 

“Di sekitaran masjid-masjid yang ada di Kota Pontianak. Di Masjid Al-Hikmah Jalan Dr Wahidin, Kota Pontianak antusias masyarakat sangat baik," ungkap Sucipto. 

Sejauh ini sudah ada 75 orang yang mencoba layanan konsultasi. Selain memberikan pelayanan kesehatan, kata Sucipto, Tarawih Sehat juga dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi antara tokoh agama, tokoh masyarakat dan jamaah tarawih yang hadir di masjid.

3 dari 3 halaman

Di Seluruh Masjid Kota Pontianak

“Minggu pertama puasa sudah kita laksanakan. Kemarin 10 Mei kita di Masjid Mujahidin, 11 Mei kita di Masjid Al-Hikmah Dr Wahidin, 17 Mei di Masjid Al-Falah, Jalan Arahman. 18 Mei di Masjid Sirajudin Jalan Apel, tanggal 24 Mei di Masjid Quba Jalan Paris II, tanggal 25 Mei di Masjid Hudarrahman, Jalan Tanjung Raya II. 31 Mei di Masjid Baitulrahman Paris I dan terakhir tanggal 1 Juni di Masjid Darul Falah, Jalan M.Yamin,” ujar Sucipto, memberikan jadwal pelaksanaan.

Dia berharap, kegiatan Tarawih Sehat dapat diterima dan bermanfaat, khususnya bagi jamaah yang sedang menunaikan salat tarawih. (Aceng Mukaram)

Loading
Artikel Selanjutnya
Orang Diabetes Boleh Olahraga di Bulan Puasa, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Trik Minum Air Putih Saat Puasa, Bisa Menghindari Dehidrasi