Sukses

Tanpa Obat, Ibu Bisa Lakukan Ini saat Bayi Pilek

Liputan6.com, Jakarta Cuaca yang tak bisa diprediksi di musim pancaroba membuat daya tahan tubuh mudah terganggu, terutama bagi bayi dan anak-anak. Saat tubuh kurang fit, penyakit akibat virus seperti flu/pilek dan batuk mudah menyerang. Apa yang harus dilakukan bila bayi terserang flu? Berikut tips Mommy Asri Permata Sari dari Babyologogist atasi pilek pada bayi tanpa obat.

Di musim pancaroba ini, cuaca jadi sangat tidak menentu. Siang hari bisa sangat terik, lalu tiba-tiba turun hujan deras sorenya. Kondisi yang ekstrim ini terkadang membuat imunitas bayi menurun. Apabila si bayi sedang dalam kondisi tidak fit, mudah sekali terkena flu, batuk atau pilek.

Apabila si bayi sudah menunjukkan tanda-tanda pilek, seperti hidung mampet, keluar lendir dari hidung, terdengar suara “grok” dari nafasnya hingga demam, maka kita sebaiknya segera mengambil langkah awal.

Untuk penanganan pilek pada bayi saya (Aisyah, 6 m), saya coba meminimalisir penggunaan obat agar bayi saya tidak terbiasa mengonsumsi obat. Apa saja yang saya lakukan saat Aisyah mulai pilek?

  1. Tetap mandikan bayi sehari 2 kali, pagi dan sore hari menggunakan air hangat agar membantu melegakan pernapasan melalui uapnya.
  2. Setelah mandi, balur badan bayi dengan minyak telon di bagian dada, punggung, dan leher, oleskan juga Transpulmin Baby BalsamApabila hidung bayi mampet, segera sedot menggunakan nasal aspirator.
  3. Sebelum tidur, balur seluruh badan bayi menggunakan Minyak Kutus-Kutus dan teteskan Pure Kids Inhalant Decongestant Oil di sekitar bantal bayi agar napasnya lebih lega.
  4. Last but not least, terus susui bayi dengan ASI karena ASI dapat meningkatkan imun.

Alhamdulillah, dalam waktu kurang dari seminggu, Aisyah sembuh total dari pileknya tanpa obat. Apabila bayi Moms semua dalam seminggu masih belum sembuh, atau kondisinya semakin parah, segera hubungi dokter anak ya agar mendapat penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Alami GERD Saat Hamil, Ibu Harus Apa?
Artikel Selanjutnya
Tips Latih Anak agar Disiplin dan Mandiri ketika Makan