Sukses

Prurigo, Masalah Kulit yang Dialami Anak pada Masa Pertumbuhan

Pernah mendengar istilah "darah manis"? Sebutan medis bagi kondisi kulit penderita yang sangat sensitif itu adalah prurigo.

Liputan6.com, Jakarta Pernah mendengar istilah "darah manis"? Sebutan medis bagi kondisi kulit penderita yang sangat sensitif itu adalah prurigo. Berikut sharing Mommy Sherly Ocktavia dari Babyologist terkait prurigo.

Prurigo adalah salah satu masalah kulit, di mana kondisi kulit si penderita sangat sensitif (hipersensitif). Orang awam banyak mengenalnya dengan nama "darah manis". Prurigo biasa diawali oleh anak-anak di masa pertumbuhan, namun akan hilang saat mereka dewasa. Dan Clive adalah salah satu anak tersebut.

Penyebab prurigo

Penyebab prurigo dapat diawali dengan gigitan serangga, rasa gatal akan gigitan nyamuk atau serangga lain memicu keinginan untuk menggaruk. Alih-alih meredakan gatal justru hal ini dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah sampai meninggalkan bekas pada kulit.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Pencegahan

Sampai saat ini masih belum ada obat khusus untuk mengobati penderita prurigo. Satu-satunya cara pencegahan paling gampang bisa menggunakan minyak anti nyamuk, memakai pakaian panjang untuk melindungi kulit dari gigitan serangga. Bila gatal datang disarankan untuk menahan diri tidak menggaruk, tapi langsung oleskan minyak pereda gatal.

Orang prurigo katanya sangat diminati nyamuk-nyamuk nakal. Setiap kali Clive digigit nyamuk pasti selalu berbekas hitam. Tentunya dengan adanya bekas hitam pada kulit membuat tidak enak dipandang. Setelah konsultasi ke dokter, saya tidak perlu khawatir karena bekas hitam akan hilang dengan sendirinya dengan adanya regenerasi kulit. Untunglah Clive masih termasuk tergolong belum parah, karena jika sudah parah bekas gigitan bisa sampai luka dan diperlukan penanganan khusus sesuai anjuran dokter.

Pada intinya penyakit prurigo ini tidak berbahaya, tapi bisa membuat penderita tidak nyaman, risih bahkan tidak percaya diri. Hal ini dikarenakan munculnya bekas hitam pada kulit di daerah anggota badan.

Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini