Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Bagaimana Atasi Kondom Tersangkut Saat Berhubungan Seks?

Jangan cemas soal kondom tersangkut saat berhubungan seks, ada upaya yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Kondom yang tersangkut di vagina saat berhubungan seks bisa membuat pasangan cemas. Pikiran melayang, upaya apa yang dilakukan agar kondom dapat dikeluarkan.

Dokter obstetri dan ginekologi Alyssa Dweck menjelaskan, ada cara mengeluarkan kondom dari vagina Anda.

"Anda bisa langsung hubungi dokter kandungan dan buat janji pada hari yang sama untuk mengeluarkan kondom. Bisa juga Anda mengambilnya sendiri, kuncinya adalah relaksasi," jelas Dweck, dikutip dari Health, Jumat (19/4/2019).

Lepas kondom sambil duduk di bak mandi hangat atau duduk di atas kloset. Gunakan gerakan tangan seperti kait untuk mencoba mengeluarkan kondom.

"Posisi berdiri dan menahan mungkin membantu mendorong kondom keluar. Anda juga mungkin lebih nyaman untuk berbaring telentang. Jangan khawatir, kondom pada akhirnya harus keluar," tambah Dweck.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gatal dan iritasi

Menurut Dweck, jika seorang pria kehilangan ereksi saat penetrasi, kondom dapat terlepas dan terlipat. Jika tidak disadari, kondom bisa tertinggal di sana sampai berhari-hari.

"Kondom yang tersangkut biasanya tidak menyebabkan bau busuk atau infeksi apa pun," jelas Dweck. "Jika Anda tidak tahu itu ada di sana, ada kemungkinan Anda pada akhirnya mungkin merasa gatal atau iritasi.

Meski begitu, kondom yang tertinggal di vagina mungkin tidak akan menimbulkan risiko kesehatan langsung. Namun, ada hal-hal lain yang perlu dipikirkan, seperti kehamilan dan penyakit menular seksual (PMS).

"Jika Anda menyadari kondom terlepas di dalam vagina, sementara Anda mengandalkan kondom untuk pengendalian kelahiran, itu tidak baik. Ini karena kondom terlepas berpotensi menyebabkan kehamilan," ungkap Dweck.

Untuk menghindari kondom tersangkut di vagina, pria bisa memegang pinggiran kondom jika ereksi mulai dirasakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.