Sukses

Istri Hamil, Kok Suami yang Ngidam?

Adakah di antara Moms yang suaminya ikut-ikutan ngidam ketika Moms lagi hamil? Fenomena ini ternyata bukan cuma mitos belaka lho

Liputan6.com, Jakarta Banyak fenomena unik terkait kehamilan, salah satunya suami yang mengaku ikut ngidam. Walaupun terdengar aneh, hal itu memang nyata, bahkan diakui oleh dunia medis. Berikut pengalaman Mommy Regina Nabila Fiardini dari Babyologist.

Adakah di antara Moms yang suaminya ikut-ikutan ngidam ketika Moms lagi hamil? Fenomena ini ternyata bukan cuma mitos belaka lho, karena dalam dunia medis kejadian tersebut dikenal dengan istilah couvade syndrome atau kehamilan simpatik.

Semakin kuat ikatan batin antara Moms dan suami, maka semakin banyak pula gejala kehamilan yang dia alami. Selain suami, sindrom ini juga bisa dirasakan oleh orang tua, mertua, kakak, adik, atau siapa pun orang yang dekat dengan Moms.

Berdasarkan ilmu yang saya dapat dari kelas hypnobirthing, sindrom ini biasanya muncul saat trimester pertama, di mana pada saat itu suasana hati suami tengah campur aduk lantaran akan menjadi ayah.

Kemudian, sindrom ini akan menghilang saat trimester kedua dan muncul lagi di trimester tiga lantaran khawatir karena istrinya akan menghadapi persalinan.

Apa penyebabnya?

Stres! Sama seperti kita, suami rupanya juga deg-degan mempersiapkan diri menjadi ayah, cemas menghadapi persalinan istri dan berbagai rasa ketakutan lainnya.

Jadi bukan hanya Moms saja yang hormonnya berubah-ubah saat hamil. Kadar prolaktin dan estrogen suami juga meningkat, sementara kadar testosteronnya menurun.

Bagaimana solusinya?

Komunikasi

Ajak suami ngobrol terkait perasaannya menjadi calon ayah. Apakah ada keluhan yang juga dia rasakan, siapa tahu kalian bisa berburu makanan bareng untuk memenuhi rasa ngidam satu sama lain.

Perhatian

Kalau suami Moms mengalami couvade syndrom, gejala yang dialami bukan cuma ngidam saja, tapi juga mual, sakit punggung, kurang nafsu makan, berat badan bertambah, dsb. Dengan memberi perhatian ke suami, itu bisa mengurangi sindrom yang dia rasakan.

Cari tahu informasi seputar kehamilan

Kalau saya dan suami dulu sering baca artikel bareng seputar kehamilan. Setiap informasi yang dia dapat, pasti langsung dishare ke saya begitu pun sebaliknya.

Sekarang banyak lho praktisi hypnobirthing yang membuka kelas senam hamil untuk suami-istri. Tidak ada salahnya Moms ajak si calon ayah ke sana supaya kalian mendapat pengetahuan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini