Sukses

Perut Gatal saat Hamil, Tanda Anak Berambut Lebat?

 

Liputan6.com, Jakarta Salah satu keluhan yang umum dilontarkan ibu hamil adalah perut terasa gatal. Banyak orang percaya hal itu menandakan janin yang dikandung memiliki rambut tebal. Benarkah demikian? Mommy Nur Azizah dari Babyologist mencoba menjelaskan alasannya.

Kehamilan bagi seorang ibu adalah masa-masa indah yang dilalui bersama baby yang tumbuh dan berkembang di dalam perut. Saat menjalani kehamilan, banyak keluhan yang dirasakan oleh ibu, termasuk dengan perut yang terasa gatal, terkadang bahkan sampai ibu tidak bisa menahan dan menggaruk perut hingga menimbulkan bekas. Biasanya, ini mulai dirasakan saat usia kehamilan di atas 24 minggu.

Perut yang terasa gatal saat hamil dianggap sebagai tanda bahwa rambut anak nantinya subur dan tumbuh lebat. Benarkah anggapan ini Moms? Apakah ini hanya anggapan/sekedar kepercayaan orang dulu?

Penyebab perut terasa gatal saat hamil

1. Adanya hormon kehamilan

Kehamilan menyebabkan terjadinya perubahan hormon terutama hormon estrogen. Adanya perubahan hormon estrogen ini menimbulkan efek gatal pada perut.

2. Perut semakin membesar

Semakin membesarnya perut maka perut akan semakin gatal, ini disebabkan karena seiring bertambahnya usia kehamilan, perut pun ikut membesar dan meregang, sehingga menyebabkan perut terasa gatal.

3. Munculnya stretch mark

Stretch mark yang biasanya muncul pada perut ibu ternyata juga menyebabkan perut semakin terasa gatal. Stretch mark ini memicu perut yang mulai semakin membesar di trimester ketiga menjadi semakin gatal

Sebagian besar ibu pasti merasakan gatal pada perut saat hamil, tapi Moms tidak perlu khawatir, hal ini wajar saja karena memang disebabkan oleh beberapa faktor di atas. Moms bisa mengatasinya dengan rajin mengusapkan baby oil pada perut saat terasa gatal, hanya saja gatal yang dirasakan bukan menjadi pertanda bahwa rambut bayi akan tumbuh lebat ya Moms.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengapa Ibu Hamil Merasa Kedinginan?
Artikel Selanjutnya
Baru Kenal Sehari, Siswi SMP Dicekoki Miras dan Disetubuhi hingga Hamil