Sukses

Kenali Penyakit Pencernaan, Macam-Macamnya yang Sering Dialami dan Waspada Gejalanya

Liputan6.com, Jakarta Penyakit yang sering terjadi oleh manusia ialah penyakit pencernaan. Mengalami penyakit pencernaan memang bukan hal yang baru. Akan tetapi, ada pula penyakit pencernaan yang bisa membahayakan kamu loh. Meskipun terdengar sepele, nyatanya kamu tak bisa membiarkan penyakit pencernaan ini begitu saja.

Organ pencernaan pada tubuh manusia sendiri ada 12 dimulai dari mulut hingga ke anus. Tentu saja, dengan banyaknya organ pencernaan ini, kemungkinan seseorang mengalami penyakit pencernaan pun semakin tinggi. Jika salah satu organ pencernaan mengalami masalah atau gangguan, tentu saja sistem pencernaan kamu pun bisa terganggu.

Pada sistem pencernaan manusia terdiri atas organ mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Akan tetapi sistem pencernaan bukan hanya itu saja. Ada pula organ pelengkat untuk membantu proses pencernaan, yaitu lidah, gigi, kelenjar air liur, kantung empedu, hati dan juga pankreas.

Jika sistem pencernaan ini terganggu, maka proses untuk menyaring nutrisi dan kinerja dari sistem pencernaan pun tidak bisa bekerja dengan baik. Jika sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan maksimal, maka timbullah penyakit pencernaan. Beberapa penyakit pencernaan pun bisa jadi sering kamu alami. Mengalami penyakit pencernaan ini bisa disebabkan karena makanan yang kamu santap.

Lebih lanjut, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019) mengenai penyakit pencernaan yang sering menyerang manusia.

2 dari 4 halaman

Macam penyakit pencernaan yang sering dialami

Beberapa penyakit pencernaan memang sering menyerang siapa saja. Terdengar sepele, akan tetapi ada pula penyakit pencernaan yang bisa membahayakan juga loh. Untuk itu kamu pun harus memahami apa saja penyakit pencernaan yang bisa kamu alami. Berikut ini beberapa penyakit pencernaan yang bisa menyerang manusia.

1. Diare

Penyakit pencernaan yang cukup sering dialami orang-orang ialah diare. Penyakit pencernaan satu ini pun bisa dialami siapa saja, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit pencernaan ini biasa disebabkan oleh bakteri yang ada pada makanan. Makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri inilah yang bisa mengganggu sistem pencernaan kamu. Bukan hanya karena terkontaminasi bakteri saja, akan tetapi kamu yang memiliki alergi ataupun salah makan pun bisa juga terkena penyakit pencernaan ini.

Meskipun penyakit ini tidak termasuk penyakit yang cukup serius. Akan tetapi bila tidak ditangani dengan benar, bisa menyebabkan dehidrasi dan juga kehilangan nutrisi pada tubuh. Gejala dari diare ini pun biasanya frekuensi untuk buang air besar pun meningkat. Selain itu, mengalami mual dna muntah serta sakit perut pun bisa menjadi tanda kamu terkena diare.

2. Gastritis

Penyakit pencernaan ini bisa terjadi akibat adanya peradangan ataupun pembengkakan pada lapisan kulit dalam lambung. Penyakit gastritis ini pun bisa disebut juga dengan radang lambung. Selain itu, penyakit ini bisa muncul secara tiba-tiba. Meskipun mirip dengan penyakit maag, akan tetapi gestritis ini berbeda dengan maag. Penyakit gastritis ini pun masih bisa disembuhkan dengan pengobatan. Akan tetapi, jika dibiarkan tentu saja bisa berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker perut.

3 dari 4 halaman

Beberapa penyakit pencernaan bisa berbahaya

3. Ambeien

Ambeien ataupun penyakit wasir ini memiliki istilah medis yang disebut dengan hermoroid. Ambeien ini bisa terjadi karena adanya peradangan pembuluh darah pada lubang anus. Tanda kamu terkena ambeien sendiri ialah keluarnaya darah saat buang air besar. Selain itu, menahan buang air besar pun bisa membuat ambeien yang kamu alami semakin parah.

Untuk menangani gejala dari ambeien ini pun cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memakan makanan yang kaya akan serat dan juga banyak minum air. Namun, jika sudah cukup parah ada baiknya kamu pergi ke dokter untuk mendapatkan resep obat.

4. Radang usus buntu

Radang usus buntu ini memiliki istilah apendistis. Seperti namanya, radang usus buntu ini bisa kamu alami karena adanya peradangan ataupun masalah pada bagian usus buntu. Penyebab dari terkena radang usus buntu ini pun bermacam-macam, bisa karena infeksi ataupun adanya sumbatan pada bagian usus buntu. Tanda-tanda kamu terkena usus buntu bisanya akan terasa nyeri di daerah dekat pusar, selain itu mual dan juga muntah bisa menjadi tanda kamu terkena usus buntu.

Bukan hanya itu saja, merasakan nyeri saat buang air kecil dan juga kram pada perut bisa juga menjadi gejala kamu terserang penyakit usus buntu. Pengobatan penyakit pencernaan satu ini pun hanya bisa dilakukan jika kamu melakukan operasi pengangkatan usus buntu.

 

4 dari 4 halaman

Macam penyakit pencernaan

5. Batu empedu

Terkena batu empedu ini bisa menyebabkan nyeri pada bagian kanan atas perut loh. Hal ini dikarena adanya endapan keras yang terdapat pada kandung empedu. Penyebab kamu bisa terkena batu empedu ini bisa karena tingginya kadar kolesterol dalam tubuh ataupun zat-zat sisa yang masih ada pada empedu.

Selain itu, faktor genetik, mengonsumsi terlalu banyak obat serta kelebihan berat badan pun bisa menjadi penyebab kamu terkena batu empedu ini. Jika penyakit batu empedu yang kamu alami ini belum terlalu serius, kamu masih bisa mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Akan tetapi, jika sudah terlalu serius, tentu saja jalan operasi menjadi pilihan untuk mengangkat batu empedu ini.