Sukses

Makanan Wajib Dibawa Saat Perjalanan Jauh

Agar tetap sehat dan bugar selama menjalani perjalanan jauh, berikut beberapa hal yang wajib di bawa.

Liputan6.com, Bandung Akhir pekan seperti kali ini banyak keluarga yang mengunjungi saudara, orangtua, teman di luar kota. Momen pertemuan ini tentu bakal dinikmati secara penuh apabila tubuh sehat da bugar. 

Nah, ternyata terdapat jurus tubuh segar dan bugar saat melakukan perjalanan jauh ke luar kota. Menurut dietizien Instalasi Gizi Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat, Dedeh, supaya tetap tidak mengalami kekurangan asupan makanan sehat, disarankan membawa bekal dari rumah.

"Juga harus memenuhi kaidah yang baik untuk makanan misalnya, makanan yang mengandung serat. Bawalah buah-buahan yang mudah dikonsumsi seperti pisang dan jeruk," kata Dedeh ditulis Sabtu (9/3/2019). 

Selain itu sediakan juga air putih yang cukup selama perjalanan agar tidak dehidrasi terlebih bagi  pengemudi. Mengonsumsi air putih tersebut berguna untuk meningkatkan konsentrasi dikala menyetir. 

Memang bisa saja membeli makanan saat perjalanan tetapi tidak menjamin kandungannya sesuai dengan yang dibutuhkan. Biasanya jenis makanan yang dijual di rest area adalah makanan yang tinggi karbohidrat, berlemak dan rendah serat. Alangkah baiknya jika memilih makanan diluar itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membawa anak-anak

Jurus itu pula dapat diterapkan kepada anak usia 1 - 12 tahun. Pada rentang umur tersebut konsumsi asupan makanan telah serupa dengan orang dewasa.

"Nah apalagi kalau anaknya masih sekitar usai balita, kan belum tentu bisa mengkonsumi makanan yang ada di rumah makan Padang. Itu kan enggak mungkin ya, tentunya tetap harus membawa bekal khusus kalau yang membawa anak kecil dalam perjalanan," tutur Dedeh.

Dedeh menyebutkan pada prinsipnya kebutuhan gizi seseorang agar dalam keadaan fit dan fresh, hingga bekerja sesuai aktivitasnya dengan lancar harus memenuhi kaidah gizi seimbang. Pengertian gizi seimbang ujar Dedeh, yaitu asupan gizi makanan yang tepat ke dalam tubuh sesuai dengan yang dikeluarkan. Kebutuhannya harus dipenuhi, tidak berlebihan dan seimbang. 

"Dengan keseimbangan asupan gizi ini, insya Allah aktivitas kita bisa berjalan lancar tidak mengalami masalah. Alasannya asupan gizi yang seimbang cukup sesuai dengan kebutuhannya," terang Dedeh.

 

Contoh asupan makanan gizi seimbang saat sarapan adalah mengkonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat untuk memberi energi pada tubuh. Seperti oatmeal yang dicampurkan aneka buah atau butiran jagung didalamnya. Mengkonsumi roti yang didalamnya terkandung zat energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor dan besi.

Dapat pula mengkonsumsi pancake dengan menuangkan saus karamel rendah gula diatasnya. Jangan lupa meminum susu atau air mineral sebagai sumber energi dan mencegah dehidrasi.

Memasuki siang hari, pilihlah makanan tinggi serat dan karbohidrat untuk mempertahankan energi, serta berkalori rendah untuk menghindari rasa kenyang berlebihan. Makanan itu dapat kita temukan pada sup sayuran, nasi merah, tempe atau kacang, berbagai jenis daging dan air mineral.

Pada malam hari, dapat memilih makanan mengandung karbohidrat, protein rendah lemak, vitamin, serta mineral. Seperti sereal atau susu gandum yang tidak mengandung gula, nasi merah, ikan, buah–buahan serta air mineral.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.