Sukses

4 Kalimat Menenangkan Anak yang Marah

Ketenangan adalah kunci menghadapi hal itu. Lalu, bantu si Kecil mengenali emosi dan mengeluarkannya secara 'sehat'.

Liputan6.com, Jakarta Marah, sedih, kecewa juga dialami anak-anak. Bahkan saat emosi-emosi tersebut memuncak sulit bagi orangtua untuk mengontrol buah hati.

Ketenangan adalah kunci menghadapi hal itu. Lalu, bantu si kecil mengenali emosi dan mengeluarkannya secara 'sehat'.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan melontarkan ucapan-ucapan menenangkan berikut seperti dilansir Nurture.

1. Tidak apa-apa kalau sedih/marah/ kecewa

Hal pertama yang harus kita latih adalah membiasakan anak untuk mengeluarkan dan menyampaikan emosi serta apa yang ia rasakan. Pengalaman mengalaminya adalah yang paling berbekas bagi anak. Ketika anak mengalaminya lagi, ia sudah tahu rasanya dan bakal mencari tahu bagaimana mengatasinya.

2. Mama/papa dengar kamu, enggak ditinggal kok

Saat emosi memuncak, hal yang paling dibutuhkan anak adalah didengarkan dan ditemani. Bukan dengan segera 'memperbaiki' apa yang dirasakannya. Saat si kecil sedang sangat sedih, temani saja di sampingnya, tawarkan pelukan hangat. Itu sangat efektif menenangkannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Boleh marah/ kecewa tapi tak boleh menyakiti orang lain

 

Biarkan anak mengeluarkan emosinya dengan cara apapun, menangis, berteriak, berguling-guling, tapi jangan biarkan jika ia menyakiti orang lain. Ajarkan anak untuk mengeluarkan emosinya dengan tidak merusak.

4. Duduk dan tarik napas, yuk

Menarik napas panjang lewat hidung dan mengeluarkannya secara perlahan lewat mulut jadi salah satu teknik mengurangi level emosi yang cukup signifikan. Teknik ini sudah bisa disajarkan pada balita usia 3 tahun.

Ajarkan si kecil untuk menarik napas panjang. Saat menangis atau marah, minta ia melakukannya. Ajak juga ia duduk jika dalam kondisi berdiri. Dengan begitu ia belajar bagaimana teknik menenangkan dirinya.

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.