Sukses

Tanda-tanda Hamil Anak Laki-laki dan Perempuan yang Harus Diketahui Calon Ibu

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran buah hati merupakan momen yang ditunggu bagi pasangan yang sudah menikah. Entah itu yang baru saja menikah hingga yang sudah lama menikah. Menunggu kelahiran buah hati menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu, bagi pasangan suami istri. Ada perasaan cemas, khawatir dan juga bahagia yang menyelimuti pasangan suami istri.

Namun, bagi kamu yang baru pertama mengalami masa kehamilan, mungkin tanda-tanda hamil sulit untuk dikenali. Telat datang bulan memang adalah salah satu tanda-tanda hamil yang utama. Namun, ada juga beberapa gejala atau tanda-tanda kehamilan lainnya yang muncul sebelum kamu telat haid.

Tanda-tanda hamil bisa terlihat atau terasa sangat jelas pada sebagian wanita, namun sebagian lagi tidak merasakan tanda apa pun. Kamu harus memperhatikan tanda-tanda hamil sehingga kamu bisa menemukan waktu yang tepat untuk segera berkonsultasi dan mempersiapkan kehamilanmu.

Berikut Liputan6.com ulas tanda-tanda hamil yang perlu kamu perhatikan yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2019).

2 dari 4 halaman

Tanda-tanda Hamil

1. Kram

Tanda-tanda hamil yang pertama adalah kram. Tanda-tanda hamil ini terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada dinding uterus. Kram bisa terjadi enam sampai 12 hari setelah sel telur dibuahi. Kram yang dirasakan hampir sama dengan kram yang terjadi ketika menstruasi, sehingga jangan sampai tertipu. Rasa kram ini tidak berbahaya, namun jika kamu merasakan sensasi terbakar atau bau tak sedap, segera temui dokter.

2. Melewatkan menstruasi

Tanda-tanda hamil yang kedua adalah melewatkan menstruasi. Hal yang pasti dialami wanita hamil adalah tak terjadi menstruasi. Jika menstruasi kamu bisanya teratur, namun kali ini tidak terjadi, kemungkinan kamu sedang hamil. Menstruasi berhenti karena tubuh kamu mulai memproduksi progesteron untuk melindungi janin. Ketika tubuh mulai menggunakan progesteron, menstruasi pun berhenti.

3. Perubahan payudara

Tanda-tanda hamil yang ketiga adalah perubahan payudara. Ketika hamil payudara akan menunjukkan beberapa perubahan, terutama jika kamu hamil untuk pertama kalinya. Perubahan yang terjadi bisa dilihat dari kelembutan payudara. Payudara juga akan terlihat lebih besar, dan puting akan berubah warna menjadi lebih gelap.

4. Sering buang air kecil

Tanda-tanda hamil yang keempat adalah sering buang air kecil. Jika kamu pertama kali mengalami proses hamil, kamu akan merasa lebih sering buang air kecil dan sering terbangun di malam hari untuk pipis. Ini adalah salah satu pertanda bahwa kamu sedang hamil.

5. Morning sick

Tanda-tanda hamil yang kelima adalah morning sick. Ini adalah tanda paling populer yang dialami oleh ibu hamil. Ini bisa terjadi bahkan dalam hitungan hari kehamilan. Rasa mual dan morning sick yang terjadi saat hamil dipengaruhi oleh hormon yang memperlambat sistem pencernaan. Perut menjadi lebih lama mengolah dan mengosongkan lambung. Efeknya, kamu akan sering memuntahkan makanan.

6. Perubahan mood

Tanda-tanda hamil yang keenam adalah mood berubah. Perubahan hormon pada wanita hamil akan mempengaruhi mood. Hal ini membuat emosi wanita menjadi labil, bahkan cerita drama yang biasa saja bisa membuat wanita hamil tersedu-sedu ketika emosinya sedang kacau.

3 dari 4 halaman

Tanda-tanda hamil anak laki-laki

1. Detak jantung

Tanda kehamilan anak laki-laki yang pertama adalah detak jantung. Detak jantung juga bisa menjadi indikator dari jenis kelamin bayi yang kamu kandung. Jika detak jantung bayi kamu tetap di bawah 140 denyut per menit, ini bisa menandakan kamu hamil bayi laki-laki.

2. Ngidam dan jerawat

Tanda hamil anak laki-laki yang kedua adalah jerawat dan ngidam. Jika kamu secara tiba-tiba muncul jerawat secara membabi buta diwajah maka itu adalah tanda kamu hamil bayi laki-laki. Ngidam, Wanita hamil yang seringkali ngidam atau ingin mengonsumsi makanan asam atau asin berkesempatan besar untuk hamil anak laki-laki.

3. Posisi perut

Tanda hamil anak laki-laki yang ketiga adalah posisi perut. Bentuk dan posisi perut adalah tanda tanda hamil lainnya yang bisa menjadi indikator jenis kelamin bayi yang dikandung. Perut yang cenderung menurun menandakan kamu hamil anak laki-laki.

4. Perubahan sifat

Tanda hamil anak laki-laki yang keempat adalah perubahan sifat. Wanita yang hamil anak laki-laki seringkali mengalami perubahan sifat seperti jadi lebih agresif, berani, dan dominan. Hal ini terjadi karena dipengaruhi peningkatan kadar testosteron dalam tubuh.

5. Naiknya berat badan

Tanda hamil anak laki-laki yang kelima adalah naiknya berat badan. Ketika hamil anak laki-laki, berat badan yang bertambah akan terlihat sebagian besar di perut. Berbeda jika hamil anak perempuan dimana berat badan didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk wajah.

4 dari 4 halaman

Tanda-tanda hamil anak perempuan

1. Pertumbuhan rambut

Tanda hamil anak perempuan yang pertama adalah pertumbuhan rambut. Jika hamil anak laki-laki membuat pertumbuhan rambut menjadi pesat, maka kehamilan anak perempuan akan membuat rambut jadi berkilau.

2. Warna urin

Tanda hamil anak perempuan yang kedua adalah warna urin. Warna urin bisa menjadi indikator jenis kelamin bayi yang dikandung. Warna urin kuning kusam menandakan bahwa kamu sedang hamil anak perempuan.

3. Ukuran payudara

Tanda hamil anak perempuan yang ketiga adalah ukuran payudara. Ukuran payudara yang bertambah dramatis atau yang sebelah kiri nampak lebih besar daripada payudara kanan.

4. Ngidam

Tanda-tanda hamil anak perempuan yang keempat adalah Ngidam. Kehamilan akan perempuan akan membuat ibu hamil lebih sering menginginkan makanan manis daripada makanan pedas atau asam.