Sukses

Alergi hingga Hipertensi, Ini 6 Penyebab Mimisan

Liputan6.com, Jakarta Mimisan atau keluarnya darah dari hidung merupakan hal umum yang mungkin pernah terjadi di sektiar kita. Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi mimisan.

Beberapa penyebab ini bisa disebut cukup sepele, namun beberapa juga cukup berat. Dilansir dari Health Me Up, berikut enam hal yang bisa menyebabkan mimisan.

1. Alergi

Respons alergi pada setiap orang yang berbeda-beda, jaringan pada hidung biasanya akan membengkak. Sehingga pembengkakan tersebut memicu mimisan.

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Penderita wajib menghindari hal-hal yang yang bisa memicu alergi pada dirinya. Beberapa obat atau vaksin terkadang juga dianjurkan untuk mengatasi kasus alergi yang cukup parah.

2. Iklim

Beberapa orang bisa mimisan akibat kondisi udara atau iklim di sekitarnya, terutama jika iklim begitu kering. Kekeringan membuat hidung mengalami iritasi, sehingga ketika menghirup udara, seseorang akan mengalami pendarahan pada hidungnya atau mimisan.

 

Saksikan juga video menarik berikut

2 dari 3 halaman

3. Mengupil berlebihan

 

Tujuan mengupil pada dasarnya adalah membersihkan sisa udara kotor dan bakteri yang tersaring oleh bulu-bulu hidung. Akan tetapi jika mengupil terlalu keras atau menggunakan benda runcing dan tajam, hidung berisiko mengalami pendarahan.

Biasanya, anak-anak paling sering mimisan akibat kebiasaan mengupil ini. Untuk mencegahnya, orang tua perlu mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa agar anak tidak terlalu keras ketika mengupil.

4. Infeksi sinus

Ketika darah mimisan berwarna gelap dan menyebarkan bau tidak sedap, bisa jadi seseorang tersebut menderita infeksi sinus. Sehingga pemeriksaan lebih lanjut sangat diperlukan.

Infeksi sinus memang bisa membuat hidung jadi mimisan. Jadi mengobati sinus sama dengan mengatasi masalah mimisan juga.

3 dari 3 halaman

5. Tumor

 

Jika pria dewasa kerap mimisan, bisa jadi mereka terkena juvenile angiofibroma atau tumor pembuluh darah. Pemeriksaan khusus dan operasi perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Sementara itu, ibu hamil yang mimisan biasanya disebabkan oleh perubahan fisiologis di saluran pernapasan, terutama jika ibu hamil memiliki tekanan darah yang cukup tinggi.

6. Hipertensi

Penyebab mimisan yang berikutnya adalah karena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Biasanya para lansia lebih sering ditemukan mimisan akibat hal ini.

cara mengontrol mimisan pada lansia adalah menekan hidung dan bernapas melalui hidung. Jika mimisan semakin sering terjadi, penderita sangat dianjurkan untuk menghubungi ahli medis.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Panik, Lakukan Ini Bila Anak Mimisan
Artikel Selanjutnya
Udara Buruk, Banyak Warga Bangkok Derita Batuk Berdarah