Sukses

Bayi Baru Lahir Berkulit Kuning, Waspadai Kolestasis

Liputan6.com, Jakarta Beberapa bayi baru lahir mengalami kondisi kulit kuning lebih dari dua minggu. Banyak orang percaya, menjemur bayi setiap pagi bisa mengatasi kondisi tersebut. Ternyata, menjemur bayi setiap pagi bukan solusi, berikut penjelasan Mommy Diajeng Chrisnoventie dari Babyologist.

Apakah ada ibu yang bayinya masih kuning (jaudince) hingga usia 3 minggu? Tentu ada ya. Apakah solusinya dijemur setiap pagi? Jangan salah kaprah ya Moms berjemur bukan solusi untuk bayi kuning.

Anak saya saat berusia 2 minggu masih terlihat kuning, saya khawatir karena yang saya pahami, kuning normal pada bayi hanya berlangsung maksimal sampai usia bayi 2 minggu. Akhirnya saya memutuskan berkonsultasi pada DSA, dokter menyuruh saya untuk menunggu hingga 1 bulan untuk tes darah tetapi saya tidak mau kecolongan sehingga anak saya dites darah pada usia 3 minggu.

Hasil tes darah menunjukkan nilai bilirubin direk 2,1. Bilirubin terbagi menjadi 2 yaitu bilirubin direk dan bilirunin indirek. Moms dapat bernafas sedikit lega jika bilirubin indirek yang tinggi dengan nilai bilirubin direk normal karena bilirubin indirek ini dapat diturunkan dengan banyak minum ASI ataupun diet ASI (kasus breastmilk jaudince) tentu nilainya tidak melebihi batas toleransi ya Moms. Tetapi Moms wajib waspada jika bilirubin direk di atas 2,0 atau bernilai 20% dari bilirubin total karena menunjukkan ada masalah dengan fungsi hati si Kecil. Dari hasil tes darah juga didapatkan nilai IGG CMV anak saya lebih tinggi dibandingkan IGG CMV saya.

Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, ternyata anak saya terkena kolestasis ringan yang penyebabnya belum diketahui (kemungkinan adanya peradangan karena CMV) dan puji Tuhan kondisi sudah semakin membaik.

Apa itu kolestasis? Kolestasis adalah kondisi terhambatnya aliran empedu. Kolestasis dapat disebabkan infeksi ataupun bawaan dari lahir. Seberapa bahayakah kolestasis? Sangat bahaya Moms, kolestasis berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan hati (sirosis hati) sehingga penting untuk diketahui secara dini.

Moms wajib waspada bila

  1. Bayi masih terlihat kuning hingga usia 3 minggu
  2. Pup bayi berwarna pucat seperti dempu
  3. lBayi mengalami demam lebih dari 38 °C dan sulit menyusu

Jangan panik tapi tetap waspada ya Moms, jangan percaya kuning pda bayi baru lahir dapat hilang dengan berjemur. Temukan penyebab pasti sehingga bisa mendapatkan penanganan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

Wanita Ini Punya Tanda Lahir di Sekujur Tubuh
Loading
Artikel Selanjutnya
Kapan Waktu yang Tepat Biasakan Anak Tanpa Popok?
Artikel Selanjutnya
Jangan Panik, Ini 6 Langkah Atasi Bayi Tersedak