Sukses

8 Makanan Paling Ampuh Redakan Sakit Tenggorokan

Beberapa daftar makanan ini mungkin bisa Anda cari segera ketika sakit tenggorokan melanda

Liputan6.com, Jakarta Saat sakit tenggorokan, biasanya dokter akan memberikan resep obat dan pantangan makan. Banyaknya jenis makanan yang perlu dipantang terkadang membuat kita bingung untuk mengonsumsi makanan apa.

Untuk membantu Anda, beberapa daftar makanan ini mungkin bisa Anda cari segera, seperti dilansir foodeatsafe:

1. Susu

Ketika sakit tenggorokan, rasanya seperti sulit menelan makanan. Padahal ini berisiko dehidrasi. Sebagai gantinya, cobalah minum susu atau olahannya seperti milkshake. Bukan hanya bernutrisi dan mencegah dehidrasi, susu juga mengenyangkan.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan tepat saat sakit tenggorokan. Anda bisa menjadikannya sarapan, makan siang, dan makan malam. Sentuhan madu bisa terasa enak dan menenangkan bagi tenggorokan Anda.

3. Yogurt

Anda dapat memilih yogurt alami dengan tambahan potongan buah, atau bahkan rasa seperti cokelat, pisang, dan karamel ketika sakit tenggorokan. Jika Anda ingin menjaga kesehatan Anda, pilihlah yang rendah lemak dan memiliki nilai gizi lebih banyak serta rendah gula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kentang

4. Kentang

Bukan kentang goreng melainkan kentang rebus atau kukus. Anda juga bisa mengonsumsi kentang tumbuk (mashed potato). Meskipun Anda kehilangan nilai gizi karena makanan ini kaya krim dan mentega, namun makanan ini cukup membantu memberikan energi saat Anda sakit.

5. Sup

Tentu saja, sup dengan banyak sayuran yang sehat memberikan vitamin dan mineral yang diperlukan bagi tubuh Anda dan baik dikonsumsi terutama saat sedang sakit.

3 dari 3 halaman

Telur

6. Telur

Telur mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral seperti A, B5, dan B2, serta seng, protein, dan lemak sehat.

7. Jeruk nipis atau Cuka Sari Apel

Jika Anda ingin minum sesuatu yang berbeda tanpa mengiritasi tenggorokan Anda, cobalah minum perasan jeruk nipis atau cuka sari apel .

Agar tidak terlalu asam, pastikan Anda menambahkannya ke air, teh, atau madu.

8. Kaldu tulang

Kaldu tulang dapat membantu peradangan, memuaskan rasa lapar, menghangatkan Anda, meringankan kondisi pencernaan, dan mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini