Sukses

Wanita Obesitas Susah Bisa Hamil, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta Konon, wanita yang memiliki bobot tubuh berlebih atau obesitas akan sulit untuk hamil. Kepercayaan ini masih berkembang di masyarakat. Benarkah kondisi obesitas membuat wanita susah mengandung? Mommy Kurniati Solekha dari Babyologist mengungkap pengalamannya.

Salah satu mitos yang cukup populer tentang kehamilan adalah wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas tidak bisa hamil. Di lingkungan saya sendiri ada 2 teman yang obesitas. Satu teman setelah menikah beberapa bulan kemudian dia hamil, sedangkan seorang teman lagi sudah menikah selama 10 tahun namun tak kunjung hamil. Banyak yang mengatakan dia sulit hamil karena berat badannya berlebih. Setelah melalui berbagai usaha dan kesabaran selama bertahun-tahun, syukurlah kini dia sudah dikarunia seorang anak.

Jadi mitos yang mengatakan bahwa wanita obesitas tidak bisa hamil adalah tidak benar. Faktanya, wanita obesitas bisa hamil namun memerlukan usaha lebih dibandingkan wanita dengan berat badan normal. Itulah kenapa sangat dianjurkan bagi wanita hamil untuk menurunkan berat badannya sebelum melakukan program hamil.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap wanita dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih dari 40, peluang untuk bisa hamil berkurang sebesar 35% dibandingkan dengan wanita yang memiliki massa tubuh normal. Lantas, kenapa sih wanita obesitas sulit hamil? Hal ini dikarenakan obesitas mengakibatkan ketidakstabilan metabolisme dan hormon kesuburan sehingga berdampak pada terganggunya proses ovulasi. Bahkan beberapa wanita obesitas mengalami PCOS, yaitu sindrom yang mengakibatkan ovariumnya tidak bisa memproduksi cukup hormon untuk menstimulasi sel telur agar matang dan terlepas. Selain itu, wanita obesitas juga lebih berisiko mengalami masalah kehamilan dibanding wanita normal seperti janin bermasalah, bahkan keguguran.

Anak adalah anugerah dari Tuhan, tak ada yang tak mungkin bila Tuhan sudah berkehendak. Selain berdoa, ada beberapa cara yang dapat dilakukan wanita obesitas untuk meningkatkan peluang hamil diantaranya:

1. Olahraga Rutin

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun pada wanita obesitas, sebaiknya olahraga dilakukan sebelum hamil dan tidak berolahraga secara ekstrem atau berlebihan. Dengan berat badan normal, maka peluang kehamilan akan lebih besar.

2. Perhatikan Pola Makan

Asupan makanan yang sehat mampu meningkatkan dan menjaga kesuburan. Perbanyaklah makan makanan yang mengandung asam folat, taoge, kuning telur, kol dan asparagus.

3. Perhatikan Siklus Haid

Dengan mengetahui secara baik siklus haid, maka Moms tahu kapan terjadinya masa subur sehingga akan memperbesar peluang kehamilan. Siklus haid yang tidak teratur pada wanita obesitas bisa berakibat sulit hamil. Karenanya dengan mengurangi berat badan bisa membuat siklus haid menjadi lebih teratur.

4. Tes Darah

Tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah Moms memiliki tiroid atau tidak. Dengan bebas tiroid, maka akan lebih mudah menurunkan berat badan dengan diet sehat dan olahraga.

5. Konsultasikan dengan Dokter

Dengan berkonsultasi kepada dokter, Moms akan memperoleh masukan apa saja hal-hal yang sekiranya bisa dilakukan oleh wanita obesitas untuk memperbesar peluang kehamilan.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Kabut Asap Pekat, Pemkot Jambi Imbau Perusahaan Liburkan Karyawan Hamil
Artikel Selanjutnya
Selamat Hari Pangan Sedunia, Ayo Perbaiki Pola Makan Sehat