Sukses

4 Manfaat Mengemut Tangan bagi Bayi

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan mengemut tangan dimiliki oleh semua bayi. Begitu pula dengan putra Mommy Mellifika Yap dari Babyologist. Adakah manfaat mengemut tangan bagi bayi?

Pernahkah Moms melihat bayi yang senang mengemut tangannya sampai seperti mau muntah? Atau hal itu yang sedang dialami bayi Moms saat ini?

Kebiasaan ini yang terjadi saat Haelson berusia hampir 3 bulan. Tiba-tiba ia senang mengemut tangan mungilnya. Awalnya lucu melihatnya melakukan hal tersebut. Namun lama-kelamaan ada sedikit perasaan khawatir juga melihatnya mengemut tangan sampai seperti mau muntah.

Nah, ternyata mengemut tangan adalah salah satu fase oral yang dialami setiap bayi. Biasanya bayi berusia 3 bulan keatas akan mengalami hal ini.

Lalu sebaiknya dilarang atau dibiarkan saja bayi mengemut tangannya?Biarkan saja. Karena ini fase yang cukup penting untuk bayi. Saat bayi mengemut tangan, ada beberapa manfaat yang ia dapatkan.

1. Manfaat mengemut tangan

BereksplorasiSaat bayi memasukkan tangan, lidah dan rahangnya akan bergerak. Ini akan merangsang perkembangan motorik mulutnya.

2. Mengenal anggota tubuh

Saat ini terjadi, bayi akan belajar dan tahu bahwa ia memiliki tangan yang bisa digerakkan. Ia akan belajar bentuk, warna dan bau dari tangan kecilnya. Bahkan bayi sangat senang mengamati tangannya sendiri. Dan ketika saya mencoba menyembunyikan tangan Haelson dengan sarung tangan, ia akan terlihat kebingungan karena tidak menemukan kedua tangannya. Lalu ia akan senang ketika sarung tangan dibuka dan tangannya kembali terlihat.

3. Mendorong refleks muntah ke belakang

Di awal kehidupan, refleks muntah bayi itu berada di depan mulut. Pada saat ia memasukkan tangan ke mulutnya, secara tidak sengaja ia makan mendorong refleks muntah ke belakang. Sehingga saat ia terlihat seperti ingin muntah, biarkan saja karena itu adalah prosesnya. Dia akan terus mencoba sampai refleks muntahnya pindah ke belakang.

4. Rasa aman dan nyaman

Ternyata kebiasaan mengemut tangan sudah ada ketika bayi di dalam perut. Pernah beberapa kali saat USG kehamilan, Haelson terlihat sedang mengemut. Maka dari itu, mengemut tangan saat mereka sudah lahir membuat mereka merasa tetap aman dan nyaman.

Jadi sebaiknya jangan melarang bayi yang sedang dalam fase suka mengemut tangan ya Moms. Karena suatu saat hal ini akan berhenti sendiri. Namun mengemut tangan dan juga mengemut jari beda loh Moms. Jika bayi mengemut jari, sebaiknya hentikan kebiasaan ini karena mengemut jari bisa membuat mereka kebiasaan sampai dewasa.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Daerah Ini Ingin Gabung ke Jakarta
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter