Sukses

3 Tips Jitu Hindarkan Kakak Cemburu pada Adik

Liputan6.com, Jakarta Menumbuhkan rasa kasih sayang antara kakak-adik bisa orangtua lakukan sejak dini. Dengan begitu, rasa cemburu antarsaudara akan bisa diminimalisasi, seperti pengalaman Mommy Nadia Nandadita dari Babyologist berikut ini.

Memiliki anugerah anak tentunya menjadi harapan dan kebahagiaan tersendiri untuk setiap pasangan orangtua, karena kehadiran anak menjadikan warna baru untuk hari-hari orangtua. Termasuk saya dan suami yang dianugerahi dua orang pelita hati yang selalu menghiasi hari-hari kami. Naomi adalah anak pertama kami yang berusia 33 bulan dan adiknya Nakula baru saja lahir bulan oktober 2018.

Tidak mudah bagi kami untuk belajar mencoba memahami sang kakak yang harus menerima bahwa dia harus siap berbagi kasih sayang dengan sang adik. Drama demi drama kami lalui mulai dari Naomi yang menjadi attention seeker hingga tantrum yang membuat kami menjadi kewalahan. Satu hal yang buat kami sedikit tenang adalah akhirnya Naomi tidak terlalu cemburu dengan sang adik. Ketika dia cemburu dia menunjukkannya dengan mencari perhatian kami dengan tingkah jenakanya. Saya ingin berbagi tips agar sang kakak tidak cemburu dengan adik.

Cara Mengajarkan Kakak Agar Tidak Cemburu dengan Adiknya

1. Mengenalkan adik bayi mulai dari kandungan

Cara ini adalah cara paling utama agar sang kakak tidak terlalu kaget akan kehadiran adiknya bahkan dia akan mulai belajar menyayangi adiknya sedari adiknya masih di dalam kandungan.

2. Mengajak kakak ikut dalam mengasuh adiknya

Mencoba mengajak kakaknya dalam mengasuh adiknya menjadi cara yang sangat ampuh loh Moms. Karena dari situ kakak akan sedikit demi sedikit mulai memahami kebutuhan sang adik. Misalnya, ikut melihat dan membantu menggantikan popoknya, ikut melihat saat adiknya dimandikan, juga bisa dengan meminta tolong kakaknya membawakan baju adiknya atau popoknya saat digantikan.

3. Bermain bersama

Momen bermain bersama adiknya akan membentuk bonding antara kakak dan adik bahkan semakin hari kakaknya akan terbangun rasa inisatif untuk menyayangi adiknya dengan mengajaknya bermain.Cara-cara di atas sudah saya terapkan ke Naomi sang kakak dan bersyukur cara ini sangat berpengaruh besar untuk perlahan-lahan mengurangi rasa cemburu terhadap adiknya.

Semoga bermanfaat.

Penelitian Ungkap Pria Botak Punya Pesona, Bikin Luluh Hati

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Cara Ibu Bekerja Jaga Waktu Berkualitas dengan Buah Hati
Artikel Selanjutnya
7 Cara Biasakan Anak Menyikat Gigi