Sukses

Jenis Kacang-kacangan yang Baik untuk Diabetesi

Terdapat beberapa makanan yang sangat sehat untuk penderita diabetes, seperti misalnya kacang-kacangan

Liputan6.com, Jakarta Penderita diabetes harus selektif memilih makanan agar kadar gula darah tak melonjak dan menimbulkan risiko gangguan penyakit lainnya. Meski demikian, diabetesi tak perlu cemas, tersedia cukup banyak pilihan makanan yang aman untuk mereka konsumsi, salah satunya jenis kacang-kacangan. 

Kacang mengandung serat makanan dalam jumlah yang tinggi, merupakan tipe nabati yang tidak bisa dicerna atau diserap oleh tubuh. Semua jenis kacang mengandung serat yang dapat larut dalam air, membentuk zat seperti gel yang membantu untuk mengurangi kolesterol dan glukosa. 

Hal ini sudah di konfrimasi oleh para peneliti seperti yang dilansir oleh Diabetes Self Management, yaitu salah satunya adalah para peneliti di Universitas Toronto yang telah melakukan penelitian kepada 121 orang yang memiliki penyakit Diabetes tipe 2 dan membaginya menjadi 2 grup.

Grup pertama melakukan diet dengan mengonsumis kacang polong, sedangkan grup kedua melakukan high fiber diet atau juga yang dimaksudkan diet makanan serat. Hasilnya grup pertama yang mengonsumsi kacang polong memiliki glukosa dan penurunan darah yang lebih besar daripada grup ke dua yang mengonsumsi makanan kaya serat.

Tidak hanya kacang polong saja, ada beberapa kacang-kacang lainnya yang memiliki manfaat yang sama, seperti yang dikutip dari laman Livestrong, Senin (21/1/2019). 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kacang yang aman dikonsumsi diabetesi

Kacang Hitam

Warna hitam yang terdapat pada kacang hitam karena zat anthocyanin flavonoid yang terdapat didalamnya merupakan antioksidan kuat. Zat antioksidan ini membantu membersihkan racun di tubuh dan memperbaiki kerusakan sel, menurut situs Health Mad.

Serat yangadapat larut ini membantu menurunkan kolesterol dan menstabilkan kadar gula darah. Kacang hitam juga mengandung molibdenum dan vitamin B6 atau asam folat, nutrisi penting bagi wanita hamil dan untuk perlindungan terhadap penyakit jantung.

Kacang Lima

Kacang lima juga merupakan kacang baik untuk dikonsumsi penderita diabetes karena seratnya yang tinggi. Serat tersebut bermanfaat untuk kesehatan pencernaan di usus besar.

Kacang ini membantu Anda mengendalikan berat bada, dan menstabilkan kadar glukosa. Kacang Lima berperan penting dalam metabolisme energi dan kesehatan tulang, mengandung protein dan karbohidrat dan memiliki sedikit kalori, sedikit natrium dan sedikit lemak jenuh, menurut laman Peer Trainer.

Kacang Merah

Kacang merah sering kita jumpai dalam menu makanan seperti sup. Jenis kacang ini sehat untuk penderita diabetes dalam mengurangi berat badan, kolesterol, meningkatkan pencernaan dan mengontrol kadar gula darah. Kacang merah mengandung vitamin folat, protein, kalori dan natrium. 

 

Ditulis oleh Annisa Rizky

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.