Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

6 Tips Kalahkan Morning Sickness

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian wanita, awal kehamilan jadi periode yang sangat menantang. Perubahan hormon tubuh menimbulkan kondisi tak nyaman seperti morning sickness. Meski umumnya mual di pagi hari ini akan hilang seiring bertambahnya usia kandungan, beberapa wanita hamil terus merasakannya hingga kehamilan trimester ketiga. Simak tips atasi morning sickness yang dibagikan oleh Mommy Nihayatul Husna dari Babyologist berikut ini.

Awal kehamilan merupakan hal yang tidak mudah untuk dilewati, karena ada banyak perubahan di dalam tubuh kita. Hal yang paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah morning sickness atau mual dan muntah selama kehamilan di trimester 1. Morning sickness merupakan tantangan terbesar ibu hamil, biasanya akan muncul di trimester 1 dan akan hilang dengan sendiri di awal trimester 2 atau bahkan ada yang sampai trimester 3 masih merasakan morning sickness. Karena itu, saya akan berbagi tips melawan morning sickness.

Tips Melawan Morning Sickness

  1. Hindari bau yang memicu mual, karena ibu hamil itu memang super sensitif dengan penciumannya. Salah satu cara mengatasinya, coba cium aroma wewangian yang Moms suka, kalau sudah merasa ada bau yang tidak disukai.
  2. Minum air putih yang cukup: Ini sangat penting ya Moms untuk kesehatan kita agar tidak dehidrasi saat muntah-muntah. Lebih baik minum 10-12 gelas/hari.
  3. Sedia camilan saat bangun tidur: Jadi di samping tempat tidur harus siap sedia camilan, saat bangun langsung makan supaya tidak merasa mual. Karena saat bangun perut kita kosong, hal tersebutlah yang membuat mual itu datang.
  4. Makan sedikit demi sedikit: Biasanya nafsu makan ibu hamil berkurang, tetapi asupan makanan harus tetap masuk. Maka dari itu lebih baik makan sedikit demi sedikit tapi sering agar asupan makanan tetap terjaga.
  5. Saat mual datang, Moms bisa konsumsi teh jahe/permen jahe.
  6. Istirahatlah yang cukup: Walaupun sudah punya anak dan sedang hamil, Moms mesti istirahat sejenak. Karena tidur paling dianggap ampuh menghilangkan rasa mual.

Saya sedang hamil anak kedua, bersyukur sudah berpengalaman di kehamilan pertama jadi di kehamilan kedua ini saya tidak terlalu parah mengalami morning sickness. Karena saya sudah tahu antisipasi untuk diri saya seperti apa. Tapi hanya saja di kehamilan ini saya lebih sering pusing di pagi hari dan sering sakit pinggang saat bangun tidur.

 

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Kenalkan Kebiasaan Membaca Buku pada Anak
Artikel Selanjutnya
3 Tips Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan