Sukses

5 Masalah yang Sering Terjadi Saat Jalani Hubungan Jarak Jauh

Liputan6.com, Jakarta Menjalani hubungan jarak jauh (long distance relationship/LDR) bukanlah perkara mudah. Apalagi jika menyangkut urusan kesetiaan dan kepercayaan.

Ketika seseorang menjalani hubungan jarak jauh sangat sulit untuk menjaga cinta. Masalah akan lebih sering muncul dan akhirnya menjadi sulit untuk mempertahankan hubungan.

Bagaimana jika ada jalan keluar untuk hidup bahagia dalam hubungan jarak jauh dengan cinta yang meluap? Solusinya adalah Anda harus lebih dulu mengenal dan memahami kemungkinan masalah apa saja yang akan terjadi ketika anda LDR dan mendiskusikannya dengan pasangan.

Berikut adalah masalah-masalah yang seringkali muncul ketika seseorang melakoni hubungan jarak jauh seperti dilansir Boldsky, Selasa (8/1/2019):

1. Kecemburuan

Kecemburuan menjadi masalah utama yang sering muncul saat seseorang menjalani LDR. Ini mempengaruhi fondasi inti dari hubungan. Untuk membebaskan diri dari kecemburuan, ada banyak perubahan yang perlu Anda lakukan.

Jika Anda merasa cemburu, diskusikan dengan pasangan Anda. Jangan sembunyikan itu. Menyembunyikannya membuatnya lebih buruk.

Sedikit kecemburuan bahkan bagus. Ini memicu ketertarikan dalam hubungan. Namun ingat agar rasa cemburu tetap terkontrol. Kecemburuan jika tidak dikendalikan menyebabkan rasa posesif, keraguan, kecurigaan, amarah, dan rasa tidak aman.

 

 

2 dari 3 halaman

2. Selingkuh

Mereka yang menjalin hubungan dalam kota bisa selingkuh, bagaimana yang LDR? Artinya selingkuh bukanlah dipicu oleh seberapa jauhnya pasangan melainkan dari karakter orang itu sendiri. Jika pribadi pasangan memang baik, jadi jauhkan pikiran ini dari otak anda.

Jalin komunikasi dengan pasangan Anda, beri tahu bahwa dia begitu berharga.Tanpa komunikasi seperti itu, seringkali membuat mereka berselingkuh.

3. Beda pendapat

Setiap hubungan akan berada dalam fase perbedaan pendapat dan juga pertengkaran. Ini adalah hal yang normal apalagi jika terjadi dalam hubungan LDR. Namun jika hal ini sering terjadi, tak menutup kemungkinan jika salah satu pihak akan memilih untuk mengakhiri hubungan.

Penting sekali melakukan klarifikasi masalah, temukan cara untuk menyelesaikan masalah, sehingga konflik tidak akan terjadi di lain waktu. Argumen kecil tertentu adalah normal tetapi ingat untuk bersabar satu sama lain dan dengan cara itu, Anda menjadi yakin bahwa perkelahian dapat dikendalikan.

 

3 dari 3 halaman

4. Abai

Sikap saling mengabaikan satu sama lain adalah masalah terbesar dalam LDR. Anda sering sibuk dengan pekerjaan, begitu juga pasangan. Hal ini membuat  celah dalam koneksi Anda satu sama lain.

Sehingga penting untuk mengatur waktu untuk terhubung dengan pasangan. Misalnya dengan memberi waktu dan berbicara, melalui telepon, atau melalui panggilan video. Dengan cara ini, ikatan tidak putus dan terus-menerus diperkaya dengan kasih sayang.

5. Posesif

Posesif berbahaya dalam hubungan jarak jauh. Itu membuat Anda menginginkan pasangan sepanjang waktu yang nantinya akna menciptakan masalah dalam kehidupan. Pasangan juga bakal merasa terjebak dalam suatu hubungan yang menjenuhkan.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda berdua harus terlibat dalam percakapan yang sehat. Ungkapkan alasan bahwa posesif itu tidak baik dalam sebuah hubungan. 

 

Saksikan juga video menarik berikut

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Cara Bangun Kepercayaan Saat Jalani Hubungan Jarak Jauh