Sukses

Minum Es Bikin Janin Lebih Besar, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta Banyak mitos dan fakta seputar kehamilan. Beberapa mitos kehamilan tersebut bahkan masih dipercaya masyarakat. Begitu dipercayainya beberapa mitos terkait kehamilan sampai-sampai dipercaya sebagai fakta. Mommy Berkah Dwi Rahayu dari Babyologist merangkumnya seperti di bawah ini.

Ketika sedang menjalani kehamilan, pastinya kita sering mendapatkan wejangan dari orang tua mengenai hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama hamil. Namun apakah wejangan tersebut hanya sekadar mitos atau ada benarnya? Berikut saya coba merangkum beberapa mitos mengenai kehamilan dan fakta dibaliknya.

Mitos seputar kehamilan dan fakta dibaliknya

Minum air es membuat bobot janin menjadi besar

Faktanya yang membuat bobot janin menjadi besar bukanlah minum air es, tetapi minum air es yang sudah ditambahkan sirop atau gula. Rasa manis ini yang bisa membuat bobot janin menjadi berlebih. Terlalu banyak makan pun bisa menjadi pemicu kenaikan bobot berat janin. Jadi sebaiknya Moms membatasi konsumsi makanan dan minuman manis selama hamil dan tetap jaga pola makan, jangan sampai berlebih. Selain itu, ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit diabetes bisa menyebabkan bobot janin menjadi besar.

Memotong dan menjahit baju bisa membuat bibir sumbing pada janin

Faktanya bibir sumbing pada janin terjadi bukan karena hal tersebut. Melainkan karena pengaruh obat-obatan bebas yang diminum selama hamil, efek radiasi dan adanya faktor genetik.

Hubungan seks selama hamil akan membahayakan janin

Faktanya hubungan seks selama kehamilan masih diperbolehkan selama kehamilan tidak bermasalah. Janin dilindungi oleh cairan ketuban yang akan tetap membuatnya aman di dalam kandungan. Tetapi, tetaplah lakukan dengan hati-hati dan sewajarnya.

Mengonsumsi buah nanas akan menyebabkan keguguran

Faktanya selama masih dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan mengonsumsi buah nanas, diperbolehkan bagi ibu hamil. Buah nanas seperti buah-buahan lainnya mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil.

Ibu hamil harus makan dua kali lipat karena makan untuk dua orang

Ini salah ya, faktanya ibu hamil cukup makan seperti biasanya. Ibu hamil hanya membutuhkan tambahan kalori sebesar 300 kalori per hari dari biasanya. Yang terpenting adalah ibu hamil harus memperhatikan asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi selama kehamilan.

Minum air kelapa membuat bayi lahir putih bersih

Faktanya rajin minum air kelapa muda tidak mempengaruhi warna kulit bayi nantinya. Warna kulit bayi ditentukan faktor genetik atau keturunan orang tua. Bila memang orang tuanya, ayah atau ibunya berkulit putih, maka kemungkinan besar bayi akan mewarisinya. Namun ibu hamil tetap dianjurkan banyak mengonsumsi air kelapa muda karena mengandung kalium, elektrolit dan vitamin yang bermanfaat untuk ibu hamil.

Bentuk perut menentukan jenis kelamin bayi

Katanya ibu hamil yang perutnya membulat ke samping, maka bayi berjenis kelamin perempuan. Sedangkan jika meruncing ke depan bayi berjenis kelamin laki-laki. Faktanya bentuk perut ketika hamil tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin calon bayi. Bentuk perut ibu hamil dipengaruhi oleh struktur otot rahim, jumlah kelahiran, kekuatan otot perut dan bentuk tubuh alami ibu hamil tersebut. Bentuk perut Ibu hamil yang bertubuh mungil tentunya akan berbeda dengan ibu hamil yang posturnya tinggi atau besar.

Demikian beberapa mitos seputar kehamilan dan faktanya.