Sukses

Tips Ajarkan Kebiasaan Baik pada Anak

Mommy Indah Febriana dari Babyologist berbagi tips untuk mengajarkan kebiasaan baik pada anak.Ti

Liputan6.com, Jakarta Salah satu tugas orangtua adalah mengajarkan kebiasaan baik pada anak. Dengan memberi bekal kebiasaan hidup sehari-hari yang bermanfaat, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Mommy Indah Febriana dari Babyologist berbagi tips untuk mengajarkan kebiasaan baik pada anak.

Semua orangtua pasti menginginkan buah hatinya menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, serta mengerti aturan kebiasaan hidup sehari-hari. Namun untuk membentuk anak menjadi pribadi yang seperti itu tentu bukan hal yang mudah. Untuk itu kita sebagai orangtua harus memiliki cara yang tepat untuk diterapkan.

Cara Mengajarkan Kebiasaan Hidup Pada si Kecil

  • Memberikan contoh kepada anak, karena anak adalah seorang peniru ulung untuk itu kita harus memberikan contoh. Misalnya perlihatkan anak membuang sampah pada tempatnya.
  • Biarkan anak mencoba sendiri dengan caranya
  • Lakukan secara berulang-ulang dan jangan pernah merasa bosan ya Moms
  • Tidak memaksa anak, anak yang dipaksa untuk melakukan sesuatu pasti tidak akan merasa senang
  • Libatkan anak ketika mengerjakan sesuatu dan dengan cara yang menyenangkan. Misalnya saat membereskan mainan mobil-mobilan sambil berkata "yuk mobilnya dimasukin garasi dulu"
  • Berikan apresiasi misalnya dengan tepuk tangan saat anak berhasil melakukannya

Jika dilakukan dengan menyenangkan, tentu mengajarkan kebiasaan hidup sehari-hari pada si Kecil bukanlah hal berat untuk dilakukan. Justru akan membuat anak lebih tertarik sehingga kita bisa mengajarkan kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit.

Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini