Sukses

5 Tips Menjaga Pori-Pori Wajah Tetap Kecil

Ada beberapa tips agar pori-pori tetap terlihat kecil, apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Rutinitas sebagai ibu muda terkadang begitu menyita waktu. Tapi bukan berarti ibu kemudian bisa mengabaikan kepentingannya. Ibu pun perlu meluangkan waktu untuk memperhatikan kesehatan dan merawat diri, salah satunya menjaga kulit tetap sehat seperti dituturkan Mommy Samantha Siska dari Babyologist berikut ini.

Saat usia kita sudah menginjak usia 25 tahun ke atas, pori-pori di kulit wajah kita akan cenderung membesar, dan kemudian kulit wajah akan tampak sedikit menua. Ada beberapa tips agar pori-pori tetap terlihat kecil, apa saja kah itu? Yuk Moms, mari kita bahas bersama:

Jangan Memencet Jerawat

Jika Moms ingin mempunyai pori-pori yang lebih kecil, hindarilah untuk memencet jerawat. Kebiasaan memencet jerawat akan membuat kulit meregang. Hal tersebut akan membentuk garis-garis halus, hingga peradangan, dan iritasi, sehingga membuat pori-pori semakin membesar.

Hati-Hati ketika Hendak Memegang Wajah

Setiap hari setiap saat kita pasti akan menyentuh beberapa barang di sekitar kita, seperti gagang pintu, keyboard, meja, uang, dan lain sebagainya. Itu berarti sudah banyak bakteri dan kuman yang menempel pada dalam tangan kita. Nah, apakah kita sudah mencuci tangan setelah menyentuh beberapa barang tersebut? Karena jika tidak, maka hal tersebut akan membuat wajah terkontaminasi dengan minyak, bakteri, kuman, virus dan debu. Kotoran tersebut juga akan menyumbat pori-pori.

Jangan Lupa untuk Membersihkan Wajah sebelum Tidur

Menghapus make up atau riasan wajah sebelum tidur merupakan rutinitas yang wajib dilakukan sebelum kita beristirahat. Karena jika kita membiarkan wajah kotor begitu saja sebelum tidur, hal tersebut dapat membuat jerawat di kulit wajah kita muncul dan akan mempercepat penuaan, sehingga membuat pori-pori wajah kita membesar.

Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang dilakukan pada permukaan wajah, hal ini memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan kulit wajah agar wajah tidak terlihat kusam. Ini adalah salah satu cara untuk menjaga pori-pori wajah tetap bersih, namun dengan syarat harus rutin dilakukan, karena aktivitas ini sangat membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di dalam pori-pori.

Eksfoliasi seminggu sekali dapat membantu menghilangkan kotoran di wajah seperti minyak dan debu pada kulit wajah serta mencegah timbulnya jerawat dan sangat membantu untuk membuat pori-pori mengecil.

Jangan Salah Memakai Produk Kecantikan

Salah memilih produk kecantikan dapat membuat pori-pori wajah membesar, oleh karena itu hindarilah penggunaan produk-produk yang mengandung banyak minyak. Moms disarankan untuk memilih make up yang mengandung mineral, terutama bagi yang memiliki jerawat, karena kandungan mineral tidak akan menyebabkan iritasi maupun efek samping lainnya.

 

Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini