Sukses

Sehat dan Bahagia di 2019, 6 Resolusi Ini Bantu Anda Mewujudkannya

Liputan6.com, Jakarta Resolusi tahun baru banyak dibuat orang-orang untuk mencapai tujuan yang lebih baik di masa yang akan datang. Tidak hanya soal keuangan, kesehatan dan kebahagiaan juga harus menjadi bagian dari resolusi kita dalam menyambut tahun yang baru.

Mengutip hopkinsmedicine.org pada Selasa (18/12/2018), Anda juga harus ingat kebahagiaan penting dalam menjalani hidup. Untuk itu, enam resolusi ini mungkin bisa dicoba agar tubuh tetap sehat serta bahagia.

1. Makan dengan perhatian penuh

Saat ini, seringkali Anda terfokus ke layar ponsel atau televisi saat sedang makan. Hal ini bisa mengganggu cara makan, bahkan bisa menyebabkan porsi yang berlebihan. Karena itu, cobalah untuk memperhatikan apa yang Anda konsumsi.

"Ketika Anda makan dengan penuh perhatian, lebih mudah untuk mengetahui saat Anda merasa kenyang, ditambah Anda mungkin lebih menikmati makanan yang dikonsumsi," kata ahli gizi dan peneliti nutrisi dari Johns Hopkins, Diane Vizthum.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

2 dari 4 halaman

Bersantai dan bersyukur

2. Bersantai dan istirahat

Menurut pakar tidur Rachel Salas, saat Anda bersantai atau tidur, cobalah berada di suhu udara yang lebih rendah dari saat Anda terbangun. Selain itu, gelapkan ruangan dengan menutup jendela atau meredupkan tampilan ponsel.

3. Bersyukur

Luangkan waktu di awal atau akhir hari untuk merenungkan kejadian yang terjadi, serta mensyukurinya.

"Menyimpan jurnal bersyukur adalah cara untuk mengalihkan fokus dan meminimalkan diri kita tentang aspek-aspek positif kecil dalam kehidupan kita sehari-hari, membantu mengembangkan rasa keseimbangan dan persepktif yang bisa meningkatkan kesejahteraan," kata psikiater dari Johns Hopkins, Susan Lehmann.

 

3 dari 4 halaman

Berjalan kaki

4. 30 menit berjalan setiap hari

30 menit jalan kaki bisa dilakukan apabila Anda tidak sempat berolahraga. Jika memiliki jadwal yang sibuk, ambillah waktu 10 menit jalan kaki selama tiga kali, setiap harinya.

"10 menit sebelum bekerja, 10 menit saat makan siang, dan 10 menit setelah bekerja. Buat itu menyenangkan, ajak seorang rekan kerja untuk ikut menjalani rutinitas makan siang," kata ahli terapi fisik Stacie Page.

Selain itu, Page juga menyarankan bahwa Anda bisa mengajak teman atau anggota keluarga berjalan-jalan di sore hari.

 

4 dari 4 halaman

Tetap aktif

5. Naik tangga

"Individu yang aktif secara fisik jauh lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit kardiovaskular," kata ahli jantung Chiadi E. Ndumele.

Salah satu cara untuk tetap aktif di kantor adalah dengan rajin naik tangga. Daripada naik lift, hal kecil semacam ini bisa membuat perbedaan besar pada jantung.

6. Komitmen pada tantangan kebugaran 30 hari

Pilihlah aktivitas kebugaran yang mudah dan tidak perlu memerlukan peralatan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan selama 30 hari.

"Temukan apa yang memotivasi Anda. Apa pun yang Anda lakukan, jadikan diri bertanggung jawab atau temukan rekan," ujar Page.

Selain itu, tetaplah periksakan diri ke dokter untuk tetap memantau kesehatan tubuh Anda.

Pria Thailand Berbobot 317 Kg Dievakuasi ke Rumah Sakit

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bisa Ditiru, 4 Resep Rahasia Hidup Bahagia ala Michelle Obama
Artikel Selanjutnya
Anak-Anak yang Tumbuh Bahagia Akan Sukses di Masa Depan