Sukses

Efek Pakai HP Berlebihan, Anda Bisa Kirim Pesan Memalukan Saat Tidur

Bayangkan jika dini hari, Anda secara tak sadar mengirimkan pesan pada mantan pacar sambil tidur. Situasi ini disebut dengan "sleep-texting"

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya berjalan atau mengigau saja yang bisa terjadi saat tidur. Anda juga bisa tiba-tiba mengirim pesan dengan ponsel tanpa disadari.

Fenomena yang disebut sleep texting ini ternyata memang ada dan telah dilaporkan dalam sebuah penelitian. Studi dari Villanova University, Pennysylvania, Amerika Serikat menemukan, lebih dari partisipan mereka mengalami hal tersebut.

Dikutip dari Mirror pada Minggu (9/12/2018), banyak peserta yang tidak ingat bahwa mereka telah mengirim pesan melalui ponsel. Studi yang dipimpin oleh Profesor Elizabeth B. Dowdell ini bahkan menemukan, seorang siswa terpaksa mengenakan sarung tangan saat tidur agar dirinya tidak melakukan hal tersebut.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memalukan

Masalah tersebut juga dianggap menimbulkan situasi yang memalukan. Salah satunya dari kasus yang ditemukan oleh Dowdell dalam penelitian di  2013.

"Seorang teman sekelasnya mengiriminya sesuatu tentang kelas anatomi dan jawabannya adalah, saya hanya menyukainya. Saya mencintaimu, kamu adalah cahaya hidupku," kata Dowdell seperti dikutip dari Live Science.

"Lalu ada seorang mantan pacar mengiriminya pesan dan dia mengirim tanggapan seperti, 'Aku memujamu, silhkan datang,' ketika dia sedang tidur. Dia merasa malu saat sadar," ujar Dowdell menambahkan pada US News & World Report.

Para pakar sendiri mengatakan, hal tersebut terjadi salah satunya akibat panggunaan ponsel berlebihan, serta berbagai masalah terkait tidur lainnya. Dalam banyak kasus, sleep-texting terjadi sekitar dua jam setelah seseorang tertidur, saat gerakan mata cepat biasanya dimulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.