Sukses

Cara agar Seks Kembali Menyenangkan Usai Melahirkan

Usai melahirkan beberapa ibu mengeluhkan masalah ranjang. Namun, ada tipsnya agar seks kembali menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta Usai melahirkan dan melewati masa nifas, ada sebagian ibu yang merasakan sesi bercinta jadi lebih bergelora. Namun, ada juga yang melaporkan aktivitas bercinta jadi tak memuaskan. 

"Masalah seksual usai melahirkan antara lain nyeri saat berhubungan, malu karena stretchmark dan jahitan pasca melahirkan, kelelahan yang berlebihan dan gangguan psikologis," ungkap dr Ni Komang Yeni Dhanasari SpOG dari Bamed Healthcare.

Oleh karena itu, ada baiknya setelah melahirkan ibu melakukan beberapa olahraga yang melatih area panggul. Seperti kegel dan pelvic floor training untuk memperkuat otot dasar panggul. Latihan ini bisa menjaga otot-otot area intim tetap kencang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manjakan diri

 

Tak hanya itu, jangan lupa untuk memanjakan diri. Pijat, lulur, ke salon dan menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan. Situasi yang rileks biasanya bisa membangkitkan gairah dan mengembalikan kehidupan seksual seperti semula.

Umur juga sangat mempengaruhi. Perempuan yang memasuki usia 40, hormon kewanitaannya menurun drastis. Sederet efek pun muncul.

"Saat usia 40, sebanyak 30 persen wanita mengalami penurunan seksual, 43 peresen mengalami disfungsi seksual, dan 30 persen wanita sudah tidak bisa menahan urine,” kata Yeni.

 

Penulis: Mega Rasmiyati/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.