Sukses

Saat Bersih-bersih Rumah, 6 Tempat Ini Tidak Boleh Terlewatkan

Liputan6.com, Jakarta Penting untuk menjaga kebersihan rumah. Alasannya tentu untuk menjaga keluarga tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Namun, seringkali ada beberapa tempat yang luput saat kita melakukan bersih-bersih rumah. Padahal, tempat-tempat ini seringkali bisa menjadi tumbuhnya bakteri atau kuman penyebab penyakit.

Melansir Step to Health pada Jumat (9/11/2018) paling tidak ada 6 tempat yang tidak boleh Anda lewatkan saat bersih-bersih. Kalau tidak, mereka bisa membuat rumah menjadi tercemar.

1. Bagian atas kulkas dan lemari pakaian

Bagian atas kulkas dan lemari tempat yang seringkali dipenuhi debu dan kotoran. Karena terkadang sulit dijangkau, area ini kerap kali diliupakan. Karena itu, berikan perhatian khusus untuk tempat ini.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan air bersih yang dicampur setengah cangkir amonia. Setelah itu, basahi lap dengan cairan dan bersihkan semua permukaannya.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 6 halaman

2. Tempat sampah dan sekitarnya

Tempat sampah dan sekitarnya juga penting untuk dibersihkan. Paling tidak setiap dua minggu sekali. Area sekitar benda tersebut juga tidak boleh luput karena cenderung terkontaminasi dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Membersihkan tempat sampah juga sangat mudah. Cukup menggunakan air dan cairan pembersih, membilasnya, dan mengeringkannya.

 

3 dari 6 halaman

3. Sapu

Kotoran, rambut, dan debu terperangkap di sapu. Maka, Anda juga harus membersihkan produk pembersih rumah agar benar-benar terhindar dari penyakit.

Tuangkan air bersih ke dalam ember, tambahkan sedikit cairan pembersih, dan celupkan sapu ke dalamnya. Bilas dengan air dan biarkan kering.

 

4 dari 6 halaman

4. Kipas angin dan lampu

Bagian atas lampu, langit-langit, hingga kipas angin seringkali terlupakan. Padahal, tempat ini seringkali tertutupi debu. Jangan malas mengambil tangga untuk membersihkan bagian-bagian tersebut.

Gunakan lap basah untuk membersihkan lampu dan baling-baling kipas angin.

 

5 dari 6 halaman

5. Bantal dan kasur

Anda juga harus membersihkan tempat tidur. Sel kulit mati, keringat, dan kotoran menumpuk di tempat tersebut. Hal ini menciptakan kelembaban dan menjadi lingkungan yang tepat untuk kuman menetap.

Salah satu cara populer untuk membersihkan kasur adalah dengan menaburkan soda kue dan membiarkan selama tiga jam. Biarkan benda itu mengangkat semua kotoran.

 

6 dari 6 halaman

6. Tas belanja

Jenis tas belanja yang terbuat dari kain memang ramah lingkungan. Namun, hal tersebut juga berarti mereka ramah terhadap bakteri. Karena itu, benda ini disarankan untuk dibersihkan secara berkala. Salah satu caranya adalah dengan mencucinya seperti Anda mencuci pakaian biasa.

Artikel Selanjutnya
Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dalam 1 Hari, Mudah dan Efektif