Sukses

Emosi Anak Memuncak, Begini Cara Menenangkannya

Ajarkan si Kecil cara menenangkan emosinya

 

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak memang belum memiliki kematangan emosi, tapi tidak berarti Anda tak perlu mengajarkan si Kecil mengontrolnya. Justru di usia dini, anak-anak perlu dilatih untuk mengenali emosinya.

Mungkin mereka belum bisa mengontrol emosi layaknya orang dewasa. Setidaknya, anak-anak tahu kapan emosinya akan meledak dan bagaimana cara meredamnya. Hal pertama yang penting dilakukan orangtua adalah mencontohkannya, seperti dikutip dari  PopSugar pada Kamis, 1 November 2018.

Anak merupakan peniru ulung. Mereka akan lebih cepat menyerap dengan melihat perilaku orangtuanya. Jadi, contohkan dulu pada anak bagaimana mengontrol emosi yang baik.Pastikan, Anda mencontohkan dan memberi tahu anak saat mereka dalam kondisi emosi yang stabil.

Bukan saat anak menangis, apalagi mengamuk. Contohnya adalah dengan berhitung. Saat anak diminta membereskan mainannya, sementara ia tak mendengarkan, mulailah berhitung. Jika dalam hitungan kelima, anak tak kunjung membereskan, sita mainannya yang berantakan atau beri ia hukuman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Akan Menyerapnya dengan Baik

Anak biasanya akan dengan mudah menyerap hal ini. Mereka akan terbiasa membuat limit emosi dengan berhitung. Cara lainnya adalah minta anak menarik napas panjang, saat ia tampak kesal dan marah.

Beritahu pada anak saat ia kesal, dadanya kekurangan udara. Harus menarik napas panjang agar banyak udara masuk dan tak terasa sakit serta bisa berpikir lebih tenang. Ajarkan anak untuk menarik napas panjang lewat hidung dan keluarkan lewat mulut dengan perlahan.

Cara lainnya adalah menawarkan pelukan. Pada beberapa kondisi, anak sulit mengemukakan emosinya. Hal yang paling dibutuhkan anak adalah pelukan hangat dan secara signifikan bisa menurunkan level emosinya.

Penulis : Mutia/ Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini