Sukses

Cara Mengecilkan Paha dan Pinggul dalam Waktu Singkat Secara Alami dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak bagian tubuh yang seringkali dinilai kurang pas, tapi sepertinya bagian ini adalah yang paling banyak dipermasalahkan oleh setiap wanita, yaitu paha dan pinggul. Meski sebenarnya area ini bisa membuat tubuh wanita menarik, namun terkadang pada bagian ini menjadi tempat betumpuknya lemak. Bagi kaum Hawa, timbunan lemak di paha dan pinggul bisa membuat penampilan tidak menarik.

Para wanita umumnya terganggu ketika mengetahui ukuran paha dan pinggulnya terlalu besar. Oleh karena itu mereka rela melakukan berbagai cara mengecilkan paha dan pinggul demi mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional.

Kondisi pinggul dan paha yang lebih besar dikenal juga dengan tubuh bentuk pear. Yakni bentuk tubuh yang terlihat mencolok pada bagian pinggul ke bawah dan ukurannya lebih besar.

Penyebab dan alasan dari penumpukan lemak di paha adalah sangat sederhana, yaitu memang bagian paha adalah salah satu penampung lemak terbaik. Selain itu, akibat kelebihan lemak dapat dipicu saat kita banyak mengonsumsi energi yang sebenarnya diri kita sangat perlukan. Energi tersebut dapat berasal dari karbohidrat, protein maupun lemak pada keadaan tertentu. 

Apabila jumlah dari energi yang masuk ke dalam tubuh rupanya lebih besar jauh dari yang bisa kita keluarkan melalui segala aktivitas kita, keseimbangan tidak akan tercapai. Sebagai akibatnya, lemak akan menumpuk yang salah satunya berada di bagian paha. Ingin mendapatkan bentuk yang ideal dengan paha dan pinggul yang ramping secara alami? Bisa dong! Yuk simak ulasan liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang cara mengecilkan paha dan pinggul secara alami berikut ini.

2 dari 6 halaman

Squat dan Lunges

1. Squat

Squat merupakan salah satu gerakan olahraga yang bermanfaat untuk melatih tubuh bagian bawah, sehingga sangat efektif untuk membakar lemak di bagian paha dan pinggul. Cara mengecilkan paha dan pinggul yakni, ambil posisi jongkok dengan kondisi paha lurus 90 derajat seperti saat sedang duduk di kursi, sambil meluruskan kedua tangan ke depan. Kemudian ambil posisi berdiri dan kembali lagi ke posisi jongkok seperti semula. Tahan posisi ini selama 15-30 detik dan kembali ke posisi semula. Ulangi hingga 10 kali.

2. Lunges

Selain squat, lunges juga ampuh sebagai salah satu cara mengecilkan paha dan pinggul. Gerakan ini cukup gampang, caranya berdiri dengan tegak, lalu langkahkan satu kaki ke depan dan tekuk lutut serendah mungkin hingga lutut kaki yang satunya hampir menyentuh lantai. Kembali ke posisi semula. Ulangi dengan kaki satunya hingga 20 kali pengulangan. Tahan otot perut dan paha.

3 dari 6 halaman

Fire hydrant dan Bersepeda

3. Fire hydrant

Cara mengecilkan paha dan pinggul yang satu ini cukup mudah dilakukan. Caranya, ambil posisi merangkak. Pastikan lutut dan tangan terbuka selebar bahu. Sambil menjaga posisi pinggul, luruskan satu kaki ke belakang. Tahan selama beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 15 kali.

4. Bersepeda 

Olahraga satu ini terkesan santai, namun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah sebagai cara mengecilkan paha dan pinggul. Olaharga ini bisa membakar lemak yang menumpuk di area tersebut. Pasalnya, saat bersepedam paha ikut bergerak kencang sehingga proses pembakaran lemak di paha berjalan dengan baik. Agar cara mengecilkan paha berjalan efektif, lakukan aktivitas ini 15 menit setiap hari dan terus tingkatkan intensitasnya.

4 dari 6 halaman

Melakukan Yoga dan Mengatur Pola Makan

5. Melakukan Yoga

Yoga adalah sebuah jenis aktivitas fisik atau latihan yang cukup populer. Gerakan yoga tampak pelan, tidak seperti ketika Anda berlari maupun lompat tali, tapi efeknya pun sangat luar biasa dalam membakar lemak. Contoh gerakan yoga yang bisa dicoba oleh Anda adalah adho mukha svanasana serta suryanamaskar karena keduanya dijamin akan merampingkan paha Anda secara berangsur.

6. Mengatur Pola Makan

Cara mengecilkan paha dan pinggul selanjutnya adalah dengan mengatur pola makan. Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya serat. Makanan kaya serat tersebut adalah sayuran hijau, buah-buahan dan sayur yang membantu membakar lemak di pinggul. Konsumsi juga makanan yang sehat seperti buah, sayur, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Perhatikan asupan juga yang masuk ke dalam tubuh Anda. Hindari porsi yang berlebihan. Pola makan dan olah raga merupakan kombinasi yang tepat sebagai cara mengecilkan paha dan pinggul.

5 dari 6 halaman

Tidak mengonsumsi makanan manis dan Perbanyak minum air putih

7. Perbanyak minum air putih

Meski terdengar sederhana, minum banyak air putih sangat bagus untuk kesehatan. Sebaiknya anda minum 7-8 gelas air setiap harinya untuk membantu menghilangkan lemak di pinggul. Pasalnya, air putih membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi sebagian besar lemak di pinggul.

8. Tidak mengonsumsi makanan manis 

Untuk mengecilkan pinggul, pilihlah makanan yang bebas gula, bebas karbohidrat dan lemak jenuh. Mengkonsumsi makanan yang manis dalam jumlah yang berlebihan akan membuat tubuh Anda semakin mengembang, tidak terkecuali dengan pinggul. Mulailah dengan tidak mengkonsumsi camilan manis, seperti cokelat, kue kering, dan permen. Anda bisa mengganti camilan manis tersebut dengan buah-buahan manis dengan kandungan serat tinggi. Buah-buahan mengandung gula alami yang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk.

Artikel menarik lainnya.

6 dari 6 halaman

9. Kerap Berjalan Kaki

Banyak orang yang saat ini terlalu malas untuk berjalan kaki. Namun bila Anda peduli akan penampilan paha supaya lebih cantik, sering-seringlah berjalan kaki jika memang cukup dekat jarak rumah dengan tempat tujuan. Walau sering dianggap membosankan, berjalan kaki sebenarnya sangat menyehatkan daripada naik kendaraan bermotor. Berjalan kaki juga merupakan salah satu cara mengecilkan paha dan pinggul yang efektif. Mudah dan murah bukan!