Sukses

Masalah Kulit Mirip Jerawat Sirna karena Rajin Minum Kopi

 

Liputan6.com, Jakarta Minum segelas kopi setiap hari ternyata bagus buat kulit. Kafein yang terkandung di dalamnya disebut bisa melindungi kita dari rosacea.

Kabar baik ini datang dari peneliti di Brown University, setelah melakukan riset guna melihat adanya hubungan antara kebiasaan minum kopi dan risiko rosacea. Hasil penelitian ini sendiri diterbitkan di jurnal Dermatologi JAMA.

Rosacea merupakan kondisi kulit yang memengaruhi pembuluh darah di wajah, dengan munculnya kemerah-merahan dan kadang-kadang seperti benjolan mirip jerawat.

Pada penelitian tersebut, hampir 83 ribu orang perempuanterdaftar dalam studi perawat nasional antara 1991 dan 2005. Para ilmuwan kemudian mengumpulkan informasi tentang konsumsi kopi para responden setiap empat tahun, dan mendokumentasikan hampir 5.000 kasus rosacea yang didiagnosis dokter.

 

2 dari 3 halaman

Minum Kopi Empat Cangkir

Setelah menganalisa hasilnya, perempuan yang minum kopi empat cangkir atau lebih dalam sehari, kemungkinan mengalami rosacea 23 persen lebih rendah dibandingkan yang minum kopi setidaknya sebulan satu cangkir, seperti dilansir Atlanta Journal Constitution.

"Kami menemukan bahwa asupan kafein dari kopi tetapi bukan dari makanan lain (teh, soda, dan cokelat) berhubungan dengan penurunan risiko terjadinya rosacea tergantung dosisnya," catat para penulis.

Pada penelitian sebelumnya efek yang ditunjukkan malah sebaliknya. Namun, tim peneliti kali ini mengklaim penelitian mereka merupakan yang pertama kalinya mengevaluasi antara asupan kafein, konsumsi kopi, dan risiko terjadinya rosacea pada wanita.

 

3 dari 3 halaman

Belum Pasti

Namun, peneliti belum memahami mengapa kopi berhubungan dengan rendahnya risiko terjadinya rosacea. Peneliti berhipotesis kafein secara positif mempengaruhi pembuluh darah dan sistem kekebalan.

Selain, peneliti juga mengatakan kafein mengandung zat antioksidan dan efek imunosupresan, yang dapat menurunkan peradangan pada rosacea. Tetapi masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Penampakan Hati Ayam Bertuliskan Angka dan Huruf di Kupang

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Dari Upil sampai Sisa Makanan, 6 Hal Sepele yang Bisa Sangat Menjengkelkan
Artikel Selanjutnya
Nana Mirdad Beberkan Rahasia Wajah Cantik Tanpa Jerawat