Sukses

7 Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Bahan Alami, Ampuh, Murah dan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Karang gigi terbentuk dari reaksi kimiawi antara protein, sisa-sisa makanan dan bakteri. Penyebab karang gigi paling umum adalah makanan tersisa dan tidak segera dibersihkan. Sisa-sisa makanan menjadi keras karena sedimentasi dari mineral, terdapat pada air liur. Jika sisa makanan dibiarkan saja dan tidak dibersihkan, maka lama kelamaan akan terbentuk karang gigi. Tak hanya karena sisa makanan, penyebab karang gigi juga karena menyikat gigi dengan cara tidak benar, meninggalkan sisa makanan dalam mulut. Selain itu, penyebab karang gigi adalah tidak menyikat gigi setelah makan.

Adanya karang gigi dapat menyebakan beragam komplikasi, seperti iritasi dan peradangan pada gusi. Selain itu, karang gigi juga memicu bau mulut bahkan gigi berlubang. Selain mengancam kesehatan, karang gigi berpengaruh pada tingkat percaya diri. Karang gigi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan juga gigi yang terlihat kuning. Karang gigi yang tidak segera diatasi akan sulit untuk dibersihkan dan harus dihilangkan dengan tindakan medis melalui dokter gigi.

Namun, selain ke dokter gigi sebenarnya ada cara menghilangkan karang gigi dengan bahan alami. Cara menghilangkan karang gigi ini bisa menjadi salah satu solusi buat kamu yang enggan atau bahkan merasa takut pergi ke dokter gigi. Sebelum mengetahui cara menghilangkan karang gigi, yuk cari tahu dulu cara mencegah munculnya karang gigi seperti dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Selasa (23/10/2018). Berikut cara mencegah karang gigi:

Rajin menggosok gigi

Anjuran menyikat gigi 2 kali sehari sebenarnya bukan tanpa tujuan. Pasalnya dengan rajin menggosok gigi berguna untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan bisa mencegah timbulnya plak dan karang gigi. Agar gigi bisa bersih dari sisa makanan dengan sempurna, pastikan menggunakan pasti gigi yang mengandung fluoride. Fluoride mampu mencegah plak berkembang. Selain fluoride, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan. Kandungan-kandungan tersebut akan menghilangkan noda kekuningan dan plak dengan efektif. 

Menggunakan mouthwash

Selain rajin menggosok gigi, cara lain mencegah timbulnya karang gigi adalah dengan menggunakan mouthwash. Hal ini dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra setelah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan flossing.

Dan berikut cara menghilangkan karang gigi dengan bahan alami:

2 dari 8 halaman

1. Kulit jeruk

Kulit jeruk ternyata ampuh dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi sekaligus memutihkannya. Hal ini dikarenakan kulit jeruk mengandung limonene serta vitamin C yang berperan sebagai antibakteri. Untuk penggunaanya, cukup usapkan kulit jeruk segar pada bagian gigi yang berkarang. Diamkan selama 7 jam atau kamu bisa menggunakannya saat malam hari menjelang tidur. Kemudian kumur dengan air hingga bersih pada pagi hari.

3 dari 8 halaman

2. Baking soda

Bumbu dapur satu ini memang multifungsi, termasuk juga ampuh dalam menghilangkan karang gigi. Hal ini dikarenakan baking soda bersifat basa sehingga dapat membantu menetralkan pembusukan asam yang terjadi di dalam mulut. Cara menggunakannya, kamu bisa mengombinasikan 1 sendok teh baking soda dengan ½ sendok teh garam. Aduk rata kedua bahan dalam cangkir. Jadikan campuran tersebut sebagai pasta gigi dan oleskan pada sikat gigi. Lalu gunakan untuk menyikat gigi seperti biasanya. Setelah selesai, jangan lupa untuk berkumur hingga bersih. Kamu bisa menggunakan cara ini cukup sekali seminggu.

4 dari 8 halaman

3. Cuka putih

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya masih dengan memanfaatkan bumbu dapur, yakni cuka putih. Cuka putih diketahui memiliki kandungan asam cukup tinggi yang bisa berperan dalam menghilangkan plak dan mencegah kerusakan enamel gigi. Caranya, larutkan 1 - 2 sendok teh cuka ke dalam setengah cangkir air ruam-ruam kuku, kemudian tambahkan sedikit garam. Gunakan larutan ini untuk berkumur sekali dalam sehari.

5 dari 8 halaman

4. Daun sirih

Daun sirih sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata daun sirih dapat membantu menghilangkan karang gigi. Daun sirih dipercaya dapat membersihkan karang gigi dan menghilangkan bau mulut. Caranya ambil selembar daun sirih, tambahkan 1 biji cengkeh lalu lipat daun sirih dan cengkeh tadi, kunyah-kunyah sampai halus. Agar cara menghilangkan karang gigi ini bisa bekerja efektif lakukan perawatan secara rutin.

6 dari 8 halaman

5. Strawberry dan tomat

Strawberry dan tomat merupakan sumber vitamin C, yang baik untuk kesehatan rongga mulut. Selain itu, asam dalam stroberi juga mampu memicu produksi air liur. Sehingga aktivitas bakteri penyebab sakit gigi dan bau mulut juga ikut mati. Cara pengaplikasiannya sangat mudah. Kamu tinggal menggosokkan buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C-nya memperlunak timbunan karang gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur baking soda.

7 dari 8 halaman

6. Melon

Melon dikenal sebagai buah yang kaya akan mineral, air dan vitamin. Dibalik kesegarannya, melon juga ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Hanya dengan memakan dan mengunyahnya saja bisa membantu menghilangkan karang gigi.

Selain dapat merontokkan karang gigi, melon juga memicu produksi air liur. Jika air liur banyak, maka bakteri dalam mulut menjadi mudah mati. Sehingga bau mulut dan kesehatan gigi terjaga.

8 dari 8 halaman

7. Apel

Cara menghilangkan karang gigi lainnya adalah dengan memanfaatkan buah apel. Sebab apel mengandung asam alami yang bereaksi pada karang gigi. Sehingga membuat karang gigi mudah dibersihkan saat menyikat gigi. Cara ini tergolong cukup mudah dan juga mempunyai manfaat ganda. Pasanya, selain menghilangkan karang gigi, apel juga memberi manfaat vitamin dan mineral bagi tubuh.