Sukses

Perbedaan Usia Pengaruhi Hubungan dalam Pernikahan, Berapa Idealnya?

Semakin jauh perbedaan usia dalam hubungan, semakin rentah pernikahan berakhir dengan perceraian

Liputan6.com, Jakarta Jika menyangkut soal cinta, usia hanyalah angka. Namun, sesungguhnya, perbedaan usia antara dua pasangan benar-benar bisa mempengaruhi kehidupan pernikahan Anda.

Mengutip Times of India pada Senin (1/10/2018), sebuah penelitian baru-baru ini mengaitkan antara perbedaan usia pasangan yang telah menikah, dengan peluang mereka untuk bercerai. Mungkin ini bisa menjadi dasar pertimbangan dalam mencari pasangan hidup.

Penelitian di Emory University, Atlanta, Amerika Serikat mengungkap tentang perbedaan usia yang berpotensi lebih langgeng dalam perkawinan. Data ini dikumpulkan setelah mereka mengevaluasi tiga ribu peserta.

Terungkap, pasangan dengan kesenjangan usia lima tahun, 18 persen lebih berisiko bercerai daripada yang hanya berbeda satu tahun yang hanya tiga persen. Probabilitas perceraian meningkat menjadi 39 persen bagi pasangan yang memiliki perbedaan usia sebanyak 10 tahun.

Sementara, bagi mereka yang memiliki perbedaan usia hingga 20 tahun, probabilitas perceraian berada di angka tertinggi yaitu 95 persen. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beda Usia Satu Tahun

Studi tersebut mengatakan bahwa perbedaan usia satu tahun adalah yang paling aman untuk pernikahan yang sukses dan langgeng.

Nampaknya, bukan perbedaan usia yang merupakan faktor pengatur usia pernikahan seseorang. Para ahli menunjukkan, bahwa pasangan yang memiliki anak pertama mereka di luar pernikahan, 59 persen lebih kecil untuk bercerai daripada yang tidak memiliki anak.

Temuan menarik lain juga mengungkapkan, pasangan yang telah tinggal selama dua tahun, 43 persen lebih kecil kemungkinannya untuk bercerai.

Pasangan yang juga berhasil mencapai ulang tahun pernikahannya yang ke-10, juga 94 persen lebih kecil kemungkinan untuk berpisah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.