Sukses

Begini Nih Cara Gampang Pantau Aktivitas Anak Lewat Gawai

Apa yang harus orangtua lakukan untuk mengetahui segala kegiatan anak saat menggunakan gawai

 

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan ponsel saat ini bisa membantu anak-anak dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah. Baik anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), SMP, maupun SMA. 

Namun, perlu dipahami juga bahwa ponsel dan internet memiliki nilai positif dan negatif bagi si Kecil. Bila dimanfaatkan dengan benar akan bernilai sangat besar, tapi dampaknya pun tak kalah besar. Karena itu dibutuhkan peran serta orangtua agar bisa mengontrol dan melatih anak-anak agar bisa berinternet dengan sehat.

Ada fitur pada Google yang bisa dimanfaatkan orangtua yaitu Family Link. Dikutip dari rilis yang diterima Dream.co.id, aplikasi dari Google ini bisa membantu orangtua memantau kegiatan anak-anak mereka di internet. Cara mengaktifkan aplikasi ini cukup mudah.

Saat menyiapkan perangkat Android anak, Google akan meminta Anda untuk membuat akun. Masukkan tanggal lahir anak. Jika berusia di bawah 13 tahun, Anda akan diminta untuk memberikan persetujuan untuk membuat akun.

Setelah selesai, Family Link akan secara otomatis diunduh ke perangkat anak Anda, dan Anda dapat memilih aplikasi dan pengaturan yang diinginkan untuk mereka. Setelah perangkat selesai diaktifkan, unduh Family Link di perangkat Anda sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegunaan Lainnya

Anda pun dapat menggunakannya untuk melakukan hal-hal seperti, menyetel batas waktu layar atau screen time dan waktu tidur untuk anak, mengunci perangkat dari jauh saat waktunya beristirahat, melihat lokasi anak ketika mereka membawa perangkat mereka.

Bisa juga untuk melihat laporan aktivitas dan berapa banyak waktu yang dihabiskan anak di aplikasi favorit mereka. Bisa langsung Anda terapkan di ponsel anak.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.