Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Konsultasikan Kesehatan Mental Anak Saat Pemeriksaan Rutin

Liputan6.com, Jakarta Sekalipun tidak diminta, orangtua diimbau untuk tidak takut mengonsultasikan kesehatan mental si Kecil setiap kali melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.

Beberapa dokter akan memberikan berbagai informasi mengenai masalah kesehatan mental dan perilaku. Jika Anda memiliki kekhawatiran dengan perilaku si kecil, dokter anak bisa memberikan rekomendasi untuk mencari solusi.

Pada laporan 2015 yang diterbitkan oleh Rumah Sakit Nasional C.S Mott, National Polling on Children’s Health menunjukkan bahwa masih banyak orangtua tidak mengangkat masalah emosional dan perilaku kepada dokter.

 

2 dari 2 halaman

Perilaku Anak Masalah Medis

Beberapa orang tua beralasan bahwa mereka tidak menganggap masalah perilaku adalah masalah medis, lebih suka mengatasi masalah secara pribadi, lebih suka berkonsultasi dengan kerabat, serta tidak memiliki waktu cukup untuk kunjungan ke dokter.

Hal ini tentunya sangat disayangkan, karena kesehatan mental anak juga perlu diperhatikan. Oleh sebab itu, ceritakanlah bagaimana perilaku dan kebiasaan anak di rumah serta sekolah. Selain lebih memahami anak, konsultasi ini juga bisa mengetahui apakah buah hati terkena penyakit mental atau tidak, seperti depresi atau ADHD.

Tak hanya itu, dokter juga akan memberikan wawasan mengenai potensi risiko berbagai penyakit mental anak. Jika dari awal Anda sudah merasa buah hati memiliki potensi terkena ADHD atau depresi, sebaiknya beritahulah kepada dokter.

Dikutip dari situs Verywell Family pada Senin, 11 Juni 2018 dokter akan menyarankan melakukan terapi okupasional hingga tes psikologis. Peran dokter anak sangatlah penting dalam menangani gangguan kesehatan mental atau perilaku emosional si kecil.

Penulis : Dina Nazhifah / Dream.co.id

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Karakter yang Harus Ditanamkan pada Anak Sejak Dini
Artikel Selanjutnya
Sering Tak Sadari, 10 Kebiasaan Ini Memicu Kerusakan Otak