Sukses

SPL Sorensen, Saintis di Google Doodle Hari Ini yang Bercita-cita Jadi Dokter

Liputan6.com, Jakarta Google Doodle hari ini, Selasa (29/5/2018) menampilkan Soren Peder Lauritz Sorensen (SPL Sorensen). Ia adalah ahli kimia asal Denmark yang terkenal dengan penemuannya tentang  derajat keasaman atau pH (potential of hydrogen) pada 1909.

Sebagai orang yang menemukan pH, namanya begitu populer di dunia ilmu pengetahuan. Namun, jauh sebelum mencemplungkan diri ke dunia ilmu kimia, Sorensen bercinta-cita menjadi dokter.

Simak lima fakta menarik mengenai SPL Sorensen yang tampil dalam Google Doodle hari ini mengutip Independent, Selasa (29/5/2018).

1. Ingin sekolah kedokteran

Sorensen adalah seorang anak petani yang lahir di Havrebjerg pada 9 Januari 1868. Usai lulus sekolah menengah atas, di usia 18 Sorensen ingin berambisi ingin sekolah di kedokteran.

Namun, seorang saintis kimia SM Jorgensen mengenalkannya pada ilmu kimia. Sejak saat itu dia pun mengubah haluannya untuk menekuni bidang kimia.

2. Tidak selalu di laboratorium

Seperti kebanyakan mahasiswa, Sorensen mencari pekerjaan sampingan agar bisa menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhannya.

Saat dia menempuh pendidikan doktor, ia menjadi asisten kimia di laboratorium Danish Polytechnic Institute. Namun, dia juga pernah bekerja jauh dari bidang kimia. Yakni menjadi konsultan di galangan kapal angkatan laut kerajaan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

3. Bekerja di pabrik bir

Sorensen menjabat sebagai direktur departemen kimia di sebuah perusahaan bir terkenal Carlseberg Labarotory di Kopneghagen pada 1901-1938.

Laboratorium tersebut diresmikan oleh pendiri Carlsber, JC Jacobsen pada 1875. Salah satu misi Jacobsen adalah memperluas pengetahuan biokimia di pembuatan bir.

Salah satu karya Sorensen di lab tersebut adalah bisa mengisolasi ragi pembuat bir. Teknik ini dimanfaatkan hingga sekarang.

4 . Menemukan derajat pH

Prestasi luar biasa Sorensen selama hidup adalah penemuan skala pH. Yang digunakan sampai sekarangg untuk menggambarkan keasaman atau alkalinitas suatu zat atau larutan.

Pengukuran pH penting dilakukan termasuk hingga sekarang. Mulai dari mengukur pH air, obat, dan larutan kimia.

5. Istrinya juga ilmuwan

Selama bekerja, Sorensen mendapat banyak bantuan dari istri keduanya, Margrethe Høyrup Sørensen, yang juga saintis.

Keduanya bekerja sama di Carlsberg Labarotory untuk mempelajari lipoprotein serta meneliti kompleks karbon monoksida dan hemoglobin.Hingga pada 1917, pasangan suami istri ini menjadi orang pertama yang berhasil mengmengkristalkan putih telur selama percobaan di laboratorium.