Sukses

Pasien Kanker, Jangan Hilangkan Sumber-Sumber Ini dari Pola Makan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta Pola diet pada pasien kanker harus mengandung semua nutrisi yang tubuh butuhkan. Terdiri dari protein, karbohidrat, lemak yang sehat, vitamin, mineral, dan asupan cairan yang cukup.

Manajer Rawat Jalan dari Pusat Kanker Nasional Singapura (NCCS), Chang Yok Ying, mengatakan, tidak boleh ada satu pun sumber makanan yang dihilangkan karena masing-masing dari yang disebutkan itu berguna untuk tubuh pasien kanker sebelum, selama, dan setelah perawatan terapi kanker.

Sumber protein seperti daging, bagus untuk membangun jaringan, menyembuhkan luka, dan menjaga sistem kekebalan tubuh pasien kanker. Karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, sementara vitamin dan mineral untuk fungsi tubuh.

"Perbanyak air putih untuk mencegah pasien kanker dari dehidrasi," ujarnya dikutip dari Health XChange SG pada Sabtu, 26 Mei 2018.

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

Campuran Sayur dan Daging untuk Pasien Kanker

Menurut Chang, diet yang baik untuk pasien kanker mengandung campuran sayuran dan daging, serta menghindari makanan manis dan berminyak.

"Metode memasak yang lebih disukai adalah mengukus, merebus, daripada menggoreng maupun memanggang," katanya.

Chang menekankan, karena menurunnya selera makan, pasien kanker kerap dihadapkan pada makanan yang tidak disukai. Akan tetapi, pada saat seperti ini, yang semula mungkin tidak disukai terasa enak selama perawatan.

Saksikan Live Streaming EGTC Malang 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Rumah Terlalu Bersih Tingkatkan Risiko Kanker pada Anak
Artikel Selanjutnya
Berat Badan Terus Turun Saat Kanker, Begini 6 Cara Atasinya