Sukses

5 Cara Menggemukkan Badan Tanpa Risiko Apa pun bagi Pria dan Wanita

Jakarta Jika orang lain ingin menurunkan berat badan demi alasan kesehatan atau penampilan, Anda malah merasa kekurangan berat badan. Well, menurut studi ilmu kedokteran, orang dewasa yang berukuran tubuh rata-rata kurang dari normal, lebih berisiko cepat meninggal dunia pula. Tak heran, banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara menggemukkan badan dengan cara sehat dan alami.

Orang yang kekurangan berat badan tidak ada bedanya dengan orang yang kelebihan berat badan. Banyak pula masalah kesehatan yang terkait dengan kondisi berat badan di bawah angka normal seperti penyakit paru-paru, penyakit kardiovaskular atau gagal jantung.

Banyak pula faktor yang dikaitkan mengapa seseorang memiliki berat badan yang kurang hingga frustasi menemukan cara menggemukkan badan. Beberapa faktornya antara lain: faktor genetik, asupan gizi yang kurang, penggunaan narkoba, merokok, mengonsumsi alkohol, serta kesehatan mental seperti anoreksia.

Ada beberapa risiko yang harus ditanggung oleh seseorang dengan berat badan terlalu kurus, antara lain sebagai berikut :

1. Patah tulang

Lemak merupakan hal yang dibutuhkan dalam pembentukan esterogen, hormon seks perempuan yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Makin sedikit lemak tubuh, makin sedikit pula esterogen yang dihasilkan sehingga tulang menjadi rapuh karena massanya sedikit.

2 dari 6 halaman

2. Arthritis dan gangguan jantung

Penelitian di Mayo Clinic menunjukkan, perempuan yang terlalu kurus 3 kali lebih rentan serangan jantung di usia 42 tahun ke atas, lemak yang terlalu sedikit di persendian memicu arthritis atau radang sendi, yang merupakan faktor risiko atheroschlerosis atau penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

3. Keguguran

Menurut penelitian di London School of Hygiene & Tropical Medicine, perempuan yang terlalu kurus memiliki risiko keguguran 72 persen lebih besar pada trimester pertama. Terlalu kurus juga menyebabkan perempuan lebih rentan mengalami morning sickness, yakni mual muntah saat hamil muda.

4. Anemia

Memiliki berat badan di bawah normal, membuat tubuh lebih mudah lelah. Menurunnya energi dan gampang lelah ini merupakan gejala umum anemia. Gejala lainnya meliputi detak jantung tak teratur, napas sesak, pening, dan sakit kepala. Kekurangan sel-sel darah merah bisa menyebabkan anemia. Selain itu, anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi, vitamin B-12, dan folat.

5. Kualitas sperma berkurang

Indeks massa tubuh yang tidak ideal memengaruhi komposisi hormon dalam tubuh pria, salah satu akibatnya, produksi sel sperma akan terganggu sehingga sulit membuahi sel telur karena jumlah dan kepekatannya berkurang.

6. Sakit paru-paru

Penyakit paru-paru kronis seperti asma, bronkitis dan pneumonia lebih banyak menyerang perempuan lanjut usia yang berat badannya di bawah rata-rata. Terlalu kurus menyebabkan tubuh perempuan kekurangan adipokin, sejenis sel yang diproduksi di lemak untuk membantu daya tahan tubuh.

3 dari 6 halaman

Beberapa faktor penyebab badan kurus dan susah gemuk

Setelah pemaparan penyakit-penyakit apa saja yang bisa dialami oleh seseorang yang memiliki berat badan kurang, sekarang mari kita simak terlebih dahulu penyebab badan kurus dan susah gemuk.

1. Stres

Stres merupakan salah satu penyebab seseorang susah gemuk atau bahkan semakin mengurangi berat badan. Kebanyakan orang yang mengalami stress berkurang nafsu makannya. Tentu saja jika berkurang nafsu makan maka asupan gizi yang dibutuhkan tidak tercukupi.

2. Minuman beralkohol

Kandungan yang ada di dalam alkohol memang tidak bagus bagi tubuh. Hal tersebut malah akan membuat Anda semakin susah untuk gemuk atau bersifat kontradiktif dalam cara menggemukkan badan.

3. Kurang minum air mineral

Salah satu penyebab lainnya mengapa seseorang kurus kering atau susah gemuk adalah tidak minum air mineral sebagaimana yang dibutuhkan oleh tubuh. Air mineral membantu tingkat metabolisme dalam tubuh. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik.

4. Kekurangan nutrisi

Nutrisi merupakan salah satu zat yang dibutuhkan untuk tubuh, maka dari itu penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak nutrisi.

5. Faktor keturunan

Selain faktor-faktor dari luar, ada pula faktor dari dalam yakni faktor genetik. Jika Anda memang merupakan orang yang memiliki badan kurus karena keturunan, jangan hanya pasrah saja. Tetap berusahalah mengupayakan menambah massa otot Anda dengan berolahraga sebagai salah satu cara menggemukkan badan.

Setelah Anda mengetahui penyakit yang bakal dialami oleh orang kurus dan apa saja penyebab seseorang memiliki berat badan yang kurang dan susah gemuk, sudah saatnya kita lanjut pada bagaimana cara ampuh menggemukkan badan dalam waktu singkat.

4 dari 6 halaman

Cara menggemukkan berat badan dalam satu minggu untuk pria dan wanita

Kekurusan dan kegemukan sama-sama memiliki potensi bahaya kesehatan yang sama. Punya berat badan dan bentuk tubuh yang ideal tentu saja banyak didambakan oleh banyak orang termasuk Anda bukan? Berikut ada beberapa pilihan cara ampuh dan cepat menggemukkan badan dalam waktu 1 minggu seperti yang dirangkum Liputan6.com (24/5):

1. Makan makanan yang banyak mengandung kalori

Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan adalah makan makanan yang banyak kalori sehingga dapat terakumulasi dalam tubuh. Perbandingan asupan kalori yang masuk dalam tubuh harus lebih banyak daripada kalori yang terbakar. Setidaknya dalam sehari Anda harus mengonsumsi kalori kurang lebih 7000-10000 kalori.

Makanan yang memiliki kalori tinggi dan cocok sebagai cara menggemukkan berat badan antara lain :

  • Pisang (89 Kkal, per 100 gram)
  • Kurma (282 Kkal, per 100 gram)
  • Alpukat (160 Kkal, per 100 gram)
  • Anggur (69 Kkal, per 100 gram)
  • Kelapa (354 Kkal, per 100 gram)
  • Mangga (156 Kkal, per 100 gram)
  • Pir (58 Kkal, per 100 gram)
  • Blueberry (38 Kkal, per 100 gram)
  • Raspberry (52 Kkal, per 100 gram)
  • Apel (52 Kkal, per 100 gram)

Dengan mengonsumsi makan di atas secara teratur dalam 1 minggu, bisa menjadi salah satu cara menggemukkan badan dalam waktu singkat untuk pria dan wanita yang efektif dan patut Anda coba. 

5 dari 6 halaman

2. Menambah berat badan dengan susu atau makanan yang banyak mengandung protein

Cara menggemukkan badan selanjutnya adalah dengan memakan makanan yang banyak mengandung protein. Otot terbuat dari protein, dan tanpa protein kalori-kalori hanya akan berakhir menjadi lemak. Jadi, cara menggemukkan badan dengan susu sebagai sumber protein hewani bisa jadi cara selanjutnya. Akan tetapi perlu dicamkan pula bahwa memakan makanan yang banyak mengandung protein seperti pedang yang bermata dua. Makanan berprotein tinggi menyebabkan cepat kenyang. Hal ini dapat membuat asupan kalori berkurang.

Jika Anda mencoba menggemukan badan, makanlah 0.71-1 gram protein per pound atau 1.5-2.2 gram protein per kilogram berat badan Anda. Anda bisa menambahnya jika kalori yang masuk ke dalam tubuh juga banyak.

Makanan berprotein tinggi yang cocok sebagai cara menggemukkan badan antara lain:

  • Gandum (16,9 gr)
  • Beras (7,13 gr)
  • Bayam (3,6 gr)
  • Kacang kedelai (36,49 gr)
  • Kacang hijau (3,04 gr)
  • Almond (21,22 gr)
  • Biji bunga matahari (20,78 gr)
  • Kacang polong (25 r)
  • Kentang (2 gr)
  • Brokoli (2,82 gr)
  • Ikan (20 - 35 gr)
  • Dada ayam (28 gr)
  • Daging domba muda (30 gr)
  • Daging sapi (25-36 gr)
  • Tuna (29gr)Telur (12.6 gr)
  • Keju (21 gr)
  • Susu kapi (320 gr)
  • Susu kambing (3,5 gr)

 

 

6 dari 6 halaman

3. Makan makanan yang berkarbohidrat dan Lemak, paling tidak sehari 3 kali

Jika saat menguruskan makanan, hal yang harus dihindari adalah karbohidrat dan lemak, maka hal tersebut berkebalikan dengan orang yang mempraktekkan cara menggemukkan badan dalam waktu singkat. Makanlah makanan yang tinggi karbohidrat dan tinggi lemak. Ini akan mempercepat proses penggemukkan badan.

4. Olahraga

Tidak hanya melulu makan, hal lain yang perlu dilakukan untuk menambah berat adalah berolahraga. Berolahraga menjadi faktor penting sebagai cara ampuh menggemukkan badan karena hal ini untuk memastikan makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi otot bukannya lemak. Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jogging, push-up, sit-up, berenang, bersepeda dan lainnya.

Jangan lupa setelah berolahraga makan makanan kaya protein agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Minum air mineral pada saat yang tepat

Minum banyak air sebelum makan dapat membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Sebaliknya, minum 30 menit sesudah makan atau saat makan dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Penyerapan nutrisi ini sangat penting sebagai cara menggemukkan badan secara alami.

Ingin memiliki tubuh yang gemuk bukan berarti Anda langsung bebas mengonsumsi makanan tinggi kalori atau lemak secara berlebih. Sebab perilaku tersebut justru akan mendatangkan penyakit berbahaya. Sebagai solusinya, coba tiru cara di atas.

Artikel Selanjutnya
Harga Vivo V7 dan ViVo V7+ Terbaru 2018, Mulai Baru Hingga Bekas
Artikel Selanjutnya
Harga Samsung J2, J2 Prime, dan J2 Pro Terbaru 2018, Dari Baru Hingga Bekas