Sukses

Hati-Hati, Golongan Darah Ini Punya Risiko Kematian Tinggi

Para pemilik golongan darah O memiliki risiko kematian yang tinggi akibat trauma berat akibat cedera serius.

Liputan6.com, Jakarta Golongan darah ternyata juga bisa digunakan untuk memprediksi risiko kematian seseorang. Terutama ketika orang tersebut mengalami cedera, luka, atau kecelakaan yang mengeluarkan banyak darah dari tubuh.

Melansir dari laman worldofbuzz.com, penelitian yang dilakukan para peneliti di Tokyo Medical and Dental University Hospital menyebutkan bahwa golongan darah memiliki implikasi serius bagi seseorang untuk selamat dari cedera atau luka serius. Mengenai pemilik golongan darah O sendiri, para pemilik golongan darah ini memiliki risiko kematian yang tinggi akibat trauma berat akibat cedera serius.

Wataru Takayama, seorang peneliti, mengatakan, "Kehilangan darah menjadi penyebab utama kematian pada pasien dengan trauma berat. Meski begitu, penelitian tentang hubungan golongan darah dengan risiko kematian akibat trauma sangat jarang dilakukan."

"Penelitian terbaru menunjukkan jika golongan darah O bisa menjadi faktor risiko potensial untuk pendarahan," ia menambahkan. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Golongan darah O

Menurut para ahli, pemilik golongan darah O terbukti memiliki faktor von Willebrand (agen pembekuan darah) yang lebih rendah dibandingkan dengan golongan darah lain. Karena rendahnya agen pembekuan ini, sangat mungkin ini erat kaitannya dengan pendarahan yang lebih tinggi.

Mengenai hasil penelitian ini, para peneliti telah melakukan penelitian terhadap 901 pasien dengan trauma berat di dua pusat perawatan gawat darurat di Jepang pada 2013-2016.

 

Reporter: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.