Sukses

Google Doodle Kenang George Méliès, Pria Prancis yang Buat Imajinasi Jadi Nyata Lewat Film

Liputan6.com, Jakarta Google Doodle hari ini menampilkan sesuatu yang unik untuk memberikan penghargaan pada Georges Méliès. Sebuah video interaktif 360 derajat.

Georges Méliès merupakan seorang ilusionis asal Prancis, yang juga mempelopori penggunaan efek khusus di bidang perfilman. Dialah orang yang mampu menghidupkan imajinasi manusia lewat layar lebar.

Dikutip dari Mirror, Kamis (3/4/2018), Méliès memelopori beberapa teknik film, serta menciptakan beberapa film fiksi ilmiah yang paling awal. Hari ini merupakan 116 tahun sejak dirilisnya À la conquête du pôle (Penaklukan Kutub), yang dianggap sebagai salah satu mahakarya terbesar Méliès.

Dalam tulisannya tentang Google Doodle, Laurent Manonni, Direktur Heritage di The Cinémathèque Française, mengatakan: "Salah satu filmnya, L'Homme-Orchester (The One-Man Band, 1900), dengan sempurna menangkap semua hal tentang dirinya: kartunis, pelukis, karikaturis, pesulap, sutradara teater Robert-Houdini, desainer set, komedian, penulis, aktor, teknisi, penggemar fantasi, visioner di lebih dari 500 film, dan pemiliki studio kaca perta yang dirancang untuk bioskop."

"Dia adalah pahlawan kami," kata co-director Nexus Studio di London, Fx Goby seperti dikutip dari Variety.

Méliès memproduksi banyak film terkenal di masa pergantian ke abad 20. Dia membangun set sendiri, serta membintangi sebagian besar film yang diproduksinya juga.

Salah satu filmnya yang terkenal adalah A Trip to the Moon (dalam bahasa Prancis berjudul Le Voyage dans la Lune) yang dirilis pada 1902.

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Bangkrut dan Meninggal karena Kanker

Méliès lahir di Paris, Prancis, pada 8 Desember 1961 dengan nama Marie-Georges-Jean Méliès.

Dikutip dari situs resmi George Méliès, dia dinyatakan bangkrut pada 1923 dan teater Robert Houdin miliknya dihancurkan.

Méliès sempat menghilang dari publik hingga akhir 1920-an ketika kontribusinya diakui Prancis dengan memberikannya sebuah Legiun Kehormatan.

Pada 1937, Méliès menderita sakit. Dia meninggal karena kanker pada 21 Januari 1983 di usianya yang sudah 76 tahun. Méliès dimakamkan di Père Lachaise Cemetery.

Mungkin tanpa pria ini, film-film seperti Lord of the Rings, Avengers, Harry Potter, dan Star Wars tidak akan bisa dihidupkan lewat layar lebar.