Sukses

Payudara Kendur di Usia Muda, Apa Sebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Payudara kendur umumnya dialami wanita yang sudah melahirkan, usia tak muda lagi, atau menyusui. Tapi, ini tak berlaku pada Chidera Eggerue yang usianya baru 23 tahun tapi sudah mengalami payudara kendur secara alami.

Sewaktu berusia 18 tahun, Chidera memberitahu ibunya kalau ingin menjalani operasi pembesaran payudara. Selain itu, ia jga sudah memilik cukup uang untuk operasi.

Tapi, pada titik tertentu, Chidera menyadari bahwa tubuhnya adalah miliknya. Kebahagiaannya bukan karena bentuk payudaranya.

Chidera mengatakan setelah ia malu karena memiliki payudara kendur, dia mulai berpose di media sosial tanpa mengenakan bra. Blogger pemenang penghargaan, yang dikenal sebagai The Slumflower, berbagi foto dirinya tanpa bra dengan tagar, #Saggyboobsmatter, lengkap dengan karikatur di dadanya.

Chidera, juga seorang penulis buku berjudul, What a Time To Be Alone, with a rider: The Slumflower’s Guide To Why You Are Already Enough.

Chidera masih muda, mengapa bisa mengalami payudara melorot? Seorang ahli bedah plastik memberikan alasan payudara bisa melorot 'prematur.' Apa saja penyebabnya? Berikut rinciannya seperti dilansir PunchNg, Senin (23/4/2018).

1. Diet crash

Setiap kali Anda berhasil menurunkan berat badan, jaringan payudara menjadi kendur. Itu menurut ahli bedah payudara dan presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery, Dr. Michael Edwards.

2. Latihan yang berdampak tinggi

Saat ini, penelitian tentang dampak latihan ke payudara masih sedikit. Tapi, beberapa ahli mengatakan gerakan berulang-ulang yang terjadi ketika Anda berlari atau melakukan latihan serupa bisa menyebabkan kerusakan kolagen payudara. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menggunakan bra yang tidak tepat

3. Mengenakan bra yang tidak mendukung

Dukungan bra yang tidak tepat adalah alasan besar payudara mengendur. "Semakin bounce (melambung) payudara Anda, semakin banyak kulit dan kolagen payudara yang menjadi stres," kata Edwards.

4. Merokok

Menurut Edward, setiap jumlah rokok melemahkan dan menuakan kulit dengan mengurangi suplai darah ke permukaan kulit.

5. Terlalu banyak terpapar matahari

Mengekspos wajah Anda ke sinar ultraviolet tanpa lapisan pelindung tabir surya dapat menyebabkan kerutan dini.

"Dan itu memiliki efek yang sama pada payudara yang melorot dengan meregangkan kolagen dan merusak kulit," kata Edwards.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.