Sukses

Orang dengan Kondisi Ini Tak Boleh Pijat Refleksi dan Totok Wajah

Menurut dokter spesialis akupunktur tidak semua orang bisa mendapatkan pijat refleksi dan akupunktur.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak bisa mendapatkan pijat refleksi dan totok wajah. Jika tetap dilakukan malah bisa memperparah kondisi seperti disampaikan dokter spesialis akupunktur RS Cipto Mangunkusumo Kencana Jakarta, Kemas Abdurrohim.

"Harus diamati kondisi orang yang tersebut. Kalau ada tahi lalat di daerah wajah dan mengeluarkan darah ya harus hati-hati," kata Kemas saat konferensi pers Jakarta Medical Doctor Forum 2018 di The Atjeh Connection Restorant & Cafe, Sarinah, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

Tahi lalat yang mengeluarkan darah menandakan area tubuh tersebut tidak boleh dipijat dan ditotok. Tahi lalat bisa saja merupakan kanker atau tanda terjadi infeksi radang.

 

Bila area tubuh dengan tahi lalat berdarah tetap dipijat atau ditotok, kata Kemas, maka kondisinya bisa parah.

Jika tahi lalat itu merupakan bentuk kanker bisa membuat penyebaran makin cepat. Lalu, bila tahi lalat tersebut adalah infeksi radang --ditandai dengan kulit merah dan ada sensasi panas-- pasien mungkin mengalami nyeri.

"Maka, tidak boleh sembarangan dipijat atau ditotok," tambah Kemas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini