Sukses

Anak Autisme Wajib Jauhi Makanan Mengandung Tepung dan Susu, Kenapa?

Ada pantangan makanan yang harus dijauhi anak penyandang autisme.

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi makanan sehari-hari untuk anak dengan autisme perlu diperhatikan. Ada pantangan makanan yang harus dijauhi anak penyandang autisme.

Konsultan ABA dan BIT, Rudy Sutadi mengatakan, anak dengan autisme tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung gluten (protein yang ada pada tepung dan gandum) dan kasein (protein pada susu).

Kedua kandungan tersebut dapat membahayakan jaringan saraf pada tubuh anak dengan autisme.

"Gluten dan kasein akan berubah jadi zat morfin pada tubuh anak autisme. Ini membentuk rantai ribuan morfin, yang berubah menjadi rantai asam amino. Dari rantai itu muncul beta morfin peptida (zat mirip morfin)," kata Rudy dalam acara Hari Kepedulian Autisme Sedunia 2018 di Sofyan Hotel, Jakarta, Minggu (8/4/2018).

Beta morfin peptida ini tidak terserap pada tubuh anak autisme. Pada akhirnya akan merusak jaringan tubuh (saraf) karena peptida masuk ke aliran darah.

Kondisi itu menimbulkan gejala seperti morfinis sehingga k emampuan berinteraksi dan komunikasi anak dengan autisme akan terkendala.

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilih makanan yang tepat

Agar kemampuan anak autis meningkat, hindari konsumsi makanan yang terbuat dari tepung, gandum, dan susu. Contoh makanan yang harus dihindari seperti roti, kue, biskuit, dan susu.

Untuk anak autisme, makanan yang dianjurkan bisa berupa kacang-kacangan, ikan air tawar (ikan mas, mujair, nila), dan sayuran segar (brokoli, bayam).

"Meski dilarang konsumsi makanan yang mengandung gluten dan kasein. Ya, tetap banyak makanan yang bisa dikonsumsi anak autis. Jadi, jangan khawatir dan berpikir, anak bakal kekurangan gizi," Rudy melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.