Sukses

Cegah Stunting di Keluarga dengan Cerdas Kelola Keuangan

Liputan6.com, Jakarta Keuangan kamu terlalu cepat menipis? Harus ada yang dikoreksi dan tentu saja kamu wajib introspeksi. Uang habis bukan semata persoalan besar kecilnya tingkat pendapatan, tapi lebih soal pengaturan uang.

Terlebih buat kamu yang hobi jajan di mal dengan menggesek kartu kredit. Hati-hati deh, nanti banyak kebutuhan pokok kamu yang enggak terpenuhi karena tidak tertib mengatur keuangan. Jangan lupa juga memikirkan nutrisi tubuh kamu dan keluarga.

Ada tips keren nih dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Uang yang ada harus dikelola untuk hal-hal utama seperti makanan bernutrisi tinggi, biaya sekolah, transportasi dan cicilan yang harus dibayar.

Sah-sah saja mengejar diskon di mal, tapi jangan lupa tubuh kamu dan keluarga butuh nutrisi yang memadai demi mencegah stunting.

Berikut cara untuk mencegah stunting mulai dari keluarga, seperti dikutip dari akun Instagram dan Twitter BKKBN, @bkkbnofficial.

 

Simak juga video menarik berikut:

 

2 dari 5 halaman

1. Hindari kartu kredit untuk hal konsumtif

Kartu kredit enggak selamanya negatif. Tapi jangan lupa, gunakan saat hanya terdesak, misalnya rumah sakit. Sah-sah aja kalau kamu ingin mencicil sesuatu dengan iming-iming nol persen. Tapi pastikan kamu benar-benar butuh dan uang bulananmu cukup.

3 dari 5 halaman

2. Bedakan antara butuh dan ingin

Sebelum beli ini dan itu, coba tanya ke diri kamu lagi jika ingin membeli sesuatu. Yakin butuh? Atau Cuma nafsu sesaat aja? Sayang kan kalau hanya nafsu belanja semata. Mending uangnya ditabung untuk membeli sesuatu yang jauh memiliki nilai manfaat.

4 dari 5 halaman

3. Sisihkan untuk nutrisi yang layak

Untuk kamu para remaja atau yang sudah berkeluarga, coba sisihkan dulu di depan untuk kebutuhan pokok yaitu makanan, transport, dan cicilan. Bukan sekadar untuk makan sehari-hari saja, tapi sisihkan juga untuk nutrisi yang sempurna, demi pencegahan stunting.

5 dari 5 halaman

4. Hilangkan kebiasaan: Makan murah, nongkrong mahal

Masak sih biaya nongkrong di kafe melebihi budget kamu atau keluarga ketimbang urusan memenuhi gizi?

Ingat, dahulukan kebutuhan nutrisi tubuh. Terutama buat remaja putri, ibu hamil, atau keluarga muda. Kebutuhan zat besi, vitamin, dan mineral lainnya harus dipenuhi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Tindak Lanjuti Penanganan Anak Kerdil, JK Bertolak ke Surakarta
Artikel Selanjutnya
Presiden RI Joko Widodo : Tidak Boleh Ada Lagi Masyarakat Kurang Gizi